Selain Sebelum Tidur, Inilah Waktu-Waktu Kamu Harus Menjauhkan Gawai Kurangi pemakaian gawai di waktu-waktu tertentu (Foto: Pexels/rawpixel.com)

SETIAP orang semakin susah lepas dari gawai di zaman modern ini. Memainkan gawai sangat asyik dan bisa mengalahkan aktivitas lain. Bisa jadi kamu juga termasuk salah seorang yang sulit lepas dari benda canggih itu.

Sebenarnya wajar saja kamu sulit lepas dari gawai. Karena hampir semua kebutuhan bisa kamu dapatkan melaluinya. Contohnya bermain game, chat, berselancar di internet, hingga mencari informasi terkini. Yang salah kalau kamu sudah kelewatan menghabiskan seluruh waktu yang kamu punya hanya untuk bermain gawai.

Sampai- sampai saat mau tidur saja kamu tetap sulit menjauhkan gawai. Alhasil kamu jadi insomnia gara-gara cahaya putih-biru dari gawai dan laptop bisa menginterupsi otak dalam memproduksi hormon melatonin, yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur waktu tidur.

Oleh karena itu, banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk menjauhkan gawai agar dapat tidur tepat waktu di malam hari. Tapi menurut Go Dok, bukan hanya saat mau tidur saja kamu herus melepas gawai. Pada waktu-waktu ini kamu juga enggak boleh memanikan gawai.

1. Setelah berada depan layar selama tiga jam tanpa jeda

Istirahatkan mata kamu setelah tiga jam menatap layar (Foto: Pexels/Burst)

Kamu yang bekerja pasti akan sulit lepas dari layar komputer. Karena semua jenis pekerjaan sekarang ini membutuhkan komputer untuk menunjang pekerjaan. Tapi kesalahan kamu ialah setelah menggunakan komputer lebih dari tiga jam kamu lanjut main gawai.

Bukan beristirahat namanya kalau bermain gawai setelah menatap layar komputer berjam-jam. Hal ini bisa menyebabkan kamu menderita Computer Vision Syndrome, seperti mata tegang, mata lelah, iritasi, mata merah, dan pandangan mengabur. Oleh karena itu, istirahatkan mata kamu dari layar, lihat pemandangan di luar ruangan.

2. Saat menyetir karena sama saja kamu seperti menyetir saat mabuk

Main gawai saat nyetir sama saja seperti mabuk (Foto: Pexels/Peter Fazekas)

David Strayer, seorang profesor bidang Psikologi di University of Utah, mengatakan bahwa menggunakan ponsel saat menyetir memiliki efek yang sama dengan menyetir saat mabuk. Karena pikiran kamu akan teralihkan dari jalanan, dan lebih fokus dengan gawai.

Kebiasaan ini memang paling mendasar dilakukan kebanyakan orang. Tapi tetap saja masih banyak yang sulit menghindari kebiasaan ini. Sebaiknya simpan gawai kamu saat menyetir di tempat yang sulit diraih. Jika harus banget menggunakannya, menepi dulu ya.

3. Saat kumpul bareng teman dan keluarga

Berinteraksi dengan sesama untuk menjaga lingkaran sosial (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Terlalu sering menggunakan internet selama 10 jam sehari dapat membuat kamu mengalami kemunduran secara sosial. Terutama sosial media, yang akan membuat kamu merasa kesepian karena seakan kamu enggak memiliki teman sebenarnya di dunia nyata.

Lebih parahnya ada yang menjadi stres dan depresi karena terlalu lama menggunakan gawai. Oleh sebab itu, jauhkan gawai saat kamu sedang kumpul bareng keluarga dan teman. Bersosialisasilah dengan mereka untuk menjaga lingkaran sosial.

4. Ketika berdua dengan pasangan

Jauhkan gawai saat tengah berdua dengan dia (Foto: Pexels/bruce mars)

Sudah berduaan jangan malah sibuk sendiri. Berinteraksilah dengan dia. Dengarkan obrolannya dan juga leluconnya. Pemakaian gawai memiliki pengaruh besar terhadap kualitas hubungan percintaan kamu, baik dengan pacar, istri, atau suami.

Mau hubungan asmara kamu dan dia bertahan lama? Cukup jauhkan gawai saat sedang bersama dia.

Sahabat Merah Putih, mulai sekarang kurang-kurangi bermain gawai ya demi kesehatan fisik dan mental kamu! (ikh)

Baca juga: Gawai dan Buku Harus Berkolaborasi

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH