Selain Samsung, Google Juga Hadirkan Pesaing AirDrop Google tengah siapkan fitur baru yang akan menyaingi AirDrop (Foto: dallasnews)

BELUM lama ini diberitakan Samsung tengah menyiapkan pesaing Apple AirDrop, guna memungkinkan transfer file antar perangkat, tanpa koneksi internet.

Selain Samsung, ada lagi yang tengah mempersiapkan pesaing AirDrop. Ia adalah Google. Dilansir dari mashable, desas desus Google menyiapkan pesaing AirDrop sudah dari beberapa waktu lalu. Namun, kali ini telah ada bukti nyata yang menunjukan seperti apa fitur baru buatan Google tersebut bekerja.

Baca Juga:

Fitur Pesaing AirDrop Akan Hadir di Samsung Galaxy S20

Google siapkan tandingan AirDrop (foto: techcrunch)

Fitur anyar yang dikembangkan oleh Google pesaing Apple AirDrop itu yakni Nearby Sharing. Di Youtube, XDA Developers menunjukan cara kerja fitur itu lewat video hands-on.

Di mana dalam video tersebut, fitur baru Google itu didemonstrasikan menggunakan ponsel pintar Google Pixel 2 XL serta Pixel 4 yang menjalankan Android 10.

Hebatnya, fitur itu dikabarkan dapat digunakan untuk mengirim file dari OnePlus 7T Pro dengan ponsel Google Pixel 2 XL. Itu artinya fitur pesaing AirDrop dari Google, tak hanya eksklusif untuk ponsel Pixel saja. Berbagai perangkat Android yang mempunyai Google Play Service pun kemungkinkan bisa menikmati fitur tersebut.

Baca Juga:

India Geser Posisi Amerika Serikat Dari Pasar Ponsel Terbesar Dunia?

Perihal cara kerjanya, Nearby Sharing mirip dengan AirDrop. Di mana kamu memilih perangkat yang bisa dilihat oleh semua kontak Google, beberapa kontak spesifik, maupun tersembunyi.

Kamu bisa memilih penggunaan data untuk transfer data, seperti menggunakan data Wi-Fi, ataupun tanpa internet. Sementara untuk opsi lainnya, perangkat kamu bisa mengandalkan bluetooth dan GPS untuk mencari perangkat lain yang berada dalam jangkauan dekat.

Sementara itu, untuk berbagi file, kamu cukup memilih file yang kamu inginkan. Pilih opsi share atau bagikan, setelah itu pilih opsi Share Nearby. Si perangkat pengirim data akan membutuhkan waktu untuk mencari perangkat yang kompatibel.

Usai perangkat yang kompatibel tersebut berhasil dideteksi, kamu hanya tinggal mengklik nama maupun ikon perangkat tersebut. Klik share di perangkat pengirim, setelah itu accept di perangkat penerima, untuk melakukan sebuah proses transfer data.

Pada video itu, proses transfer berjalan dengan sangat cepat, lalu data yang diterima akan masuk ke dalam folder Nearby Sharing.

Namun sayangnya, belum diketahui kapan tepatnya Google akan meluncurkan secara resmi fitur Nearby Sharing. (Ryn)

Baca Juga:

Awas! Penggunaan Ponsel Berlebih Bisa Berpengaruh Buruk Pada Postur Tubuh

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH