Selain Periksa Billy Sindoro, KPK Juga Garap Konsultan dan Pegawai Lippo Group Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro saat menyerahkan diri ke KPK Senin (15/10) malam. MP/Ponco Sulaksono

Merahputih.com - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan memeriksa kembali direktur Operasional Lippo Group, Billy Sindoro sebagai tersangka dalam kasus suap perizinan proyek pembangunan hunian Meikarta di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Selain BS, penyidik juga akan memeriksa HJ (Hendri Jasmen) dan T (Taryadi)," ujar Juru bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (13/12).

Pemeriksaan lanjutan kepada Billy untuk mendalami dari keterangan-keterangan pada pemeriksaan sebelumnya.

Dalam kasus ini, selain Billy, KPK telah menetapkan delapan tersangka lainnya dalam dugaan suap perizinan Meikarta yang terdiri dari unsur pejabat dan PNS di Bekasi, serta pihak swasta.

Mereka adalah Bupati Bekasi Neneng Hasanah, Kepala Dinas PUPR Bekasi Jamaludin, Kepala Dinas Damkar Bekasi Sahat ‎MBJ Nahor, Kepala Dinas DPMPTSP Bekasi Dewi Tisnawati dan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Bekasi Neneng Rahmi.

james
CEO Lippo Group James Riady memenuhi panggilan penyidik KPK, Selasa (30/10) MP/Ponco Sulaksono

Adapun dari pihak swasta, konsultan Lippo Group Taryadi dan Fitra Djaja Purnama, serta pegawai Lippo Group Henry Jasmen termasuk Billy sendiri.

Dalam perkara ini, KPK sendiri telah memanggil sejumlah saksi, baik dari pihak Lippo Group, Pemerintah Kabupaten Bekasi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Salah satu saksi penting yang telah diperiksa penyidik sebagai saksi adalah CEO Lippo Group James Riady.

Dalam pemeriksaan terhadap James, penyidik lembaga antirasuah itu mendalami soal pertemuan dengan Neneng dan peran Lippo Group dalam proyek yang ditaksir menelan investasi mencapai Rp278 triliun itu. KPK ingin mengetahui sumber uang yang diduga digunakan Billy untuk menyuap Neneng.

Kawasan Meikarta merupakan salah satu proyek prestisius milik Lippo Group. Penggarap proyek Meikarta, PT Mahkota Sentosa Utama merupakan anak usaha dari PT Lippo Cikarang Tbk. Sementara PT Lippo Cikarang Tbk adalah anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH