Selain Parasite, Karya Bong Joon-ho Ini Layak Memenangkan Golden Globe Bong Joon-ho dan pemain film Parasite (Sumber: CJ Entertainment)

SUTRADARA kenamaan Korea Selatan, Bong Joon-ho baru saja menghipnotis dunia lewat film dark comedy, Parasite. Film yang mengangkat kehidupan si kaya dan si miskin ini keluar sebagai pemenang Golden Globe 2020 kategori Best Foreign-Language.

Ternyata, ini bukan pertama kalinya Joon-ho membuat dunia terpesona akan karyanya. Sebelumnya, karya Joon-ho yang berjudul Okja pun tampil di Cannes Film Festival. Pria berusia 50 tahun tersebut juga menjadi sutradara Korea pertama yang memenangkan Palme d'Or. Melihat track record-nya yang mengagumkan di industri perfilman dunia, bisa dikatakan film Parasite bukanlah satu-satunya karya jenius Joon-ho.

Baca juga:

Film Anime Violet Evergarden Gaiden Resmi Tayang di Indonesia

Yang membuat karyanya terasa semakin menakjubkan adalah film-film yang diproduksi kerap mengangkat kasih sayang keluarga yang dibalut secara gelap. Selain film Parasite, karya Joon-ho berikut layak mendapatkan award Golden Globe:

1. Mother

Film Mother Korea
Mother (Sumber: CJ Entertainment)

Film yang dibintangi oleh aktor tampan Won Bin ini mengisahkan tentang seorang janda. Ia tinggal dengan putranya yang memiliki keterbelakangan mental, Do-joon (Won Bin). Sehari-hari, perempuan tua itu mencari nafkah dengan berjualan jamu dan melakukan akupunktur ilegal.

Suatu malam, Do-joon mengikuti seorang gadis sekolah menengah bernama Moon Ah-jung. Keesokan paginya, gadis itu ditemukan meninggal. Semua bukti mengarah pada Do-joon. Sang ibu yang begitu yakin putranya tidak bersalah mencoba mencari cara untuk membuktikan bahwa putranya tidak bersalah.

2. The Host

The Host
the Host (Sumber: Showbox Entertainment)

Seorang ahli patologi Amerika, memerintahkan asistemya dari Korea untuk membuang 200 botol formaldehyde ke selokan yang menuju ke Sungai Han. Beberapa tahun kemudian, muncul penampakan makhluk amfibi aneh menyerupai monster.

Baca juga:

Luluhkan Hati Momo TWICE, Ini Bukti Heechul Super Junior Gentleman Abis

Monster berwujud seperti ikan itu menyerang dan melukai orang-orang yang berada di sekitar sungai Han. Keluarga Park Gang-du (Song Kang-ho) kehilangan putrinya, Park Hyun-seo (Go Ah-sung) tetapi ia percaya putrinya masih hidup. Berbagai cara dilakukan untuk menemukan putrinya.

3. Okja

OKJA
Okja (Sumber: Netflix)

Film ini mengisahkan tentang hubungan antara seorang gadis kecil, Mi-ja dengan seekor babi peliharaannya, Okja. Okja bukanlah babi biasa. Ia adalah hewan hasil rekayasa genetik dari kuda nil, gajah, dan lembu laut.

Hewan raksasa tersebut diproduksi oleh sebuah perusahaan multinasional, Mirando dengan tujuan untuk dikonsumsi. Setelah 10 tahun merawat Okja, kakek Mi-ja mengembalikannya ke Mirando. Mi-ja pun memulai petualangannya di Seoul dan New York untuk menyelematkan Ok-ja dari rumah potong.

Baca juga:

Idola Kpop Ini Yang Menjelma Sebagai YouTuber

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH