Selain Pantai, Inilah 5 Wisata Alam Bangka Belitung yang Bikin Anda Terpana

Zahrina IdzniZahrina Idzni - Jumat, 24 Maret 2017
Selain Pantai, Inilah 5 Wisata Alam Bangka Belitung yang Bikin Anda Terpana
Danau Kaolin (Instagram @dricshouse)

Selain dikenal sebagai daerah penghasil timah, Bangka Belitung ternyata memiliki kekayaan wisata alam yang indah dan menakjubkan.

Bangka Belitung terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, serta pulau-pulau kecil seperti Pulau Lepar, Pulau Pongok, Pulau Mendanau, dan Pulau Selat Nasik. Namun masih banyak pulau-pulau lainnya. Berdasarkan data di wikipedia Indonesia, terdapat 470 pulau yang telah bernama, dan 50 pulau yang berpenghuni.

Letak geografis wilayahnya yang diliputi oleh pulau-pulau ini, membuat Bangka Belitung memiliki banyak obyek wisata alam yang indah dan beragam, baik alam perbukitan maupun danau.

Berikut merahputih.com merangkum beberapa wisata alam yang dimiliki oleh Bangka Belitung, yang mungkin masih banyak yang belum Anda diketahui. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak:

5. Bangka Botanical Garden

Instagram @bennitaslim
Instagram @bennitaslim

Wisata alam ke lima yang adalah Bangka Botanical Garden. Tempat ini menjadi salah satu wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi, karena menjadi salah satu ikon Agrowisata di Bangka Belitung (Babel).

Selain memiliki udara sejuk dengan pemandangan yang indah, pengunjung juga dapat belajar mengenai pertanian, peternakan, dan perikanan terpadu secara organik. Selain mirip dengan wisata di Kebun Raya Bogor, tempat ini sering dikunjungi oleh pemerintah maupun duta besar dari berbagai negara.

4. Danau Sekar Biru

Instagram @ayodolan
Instagram @ayodolan

Belitung dikenal memiliki beberapa danau hasil dari tambang yang sangat menakjubkan. Salah satunya adalah Danau Sekar Biru. Diberi nama Danau Sekar Biru karena berasal dari air berwarna biru yang berasal dari hasil pertambangan timah UPTB.

Selain digunakan untuk lokasi wisata, Danau Sekar Biru beberapa tahun belakangan ini juga digunakan sebagai lintasan motorcross, karena memiliki jalanan yang cukup menantang bagi para rider. Danau ini juga merupakan salah satu lokasi yang digambarkan di film Laskar Pelangi.

3. Bukit Berahu

Instagram @budi.aphin
Instagram @budi.aphin

Bukit Berahu merupakan sebuah destinasi wisata yang memadukan antara resto dan bungalow (villa) yang berada di sebuah pantai indah di Belitung. Tempat ini sangat dekat dengan pantai yang terkenal yaitu Pantai Tanjung Tinggi.

Jika dilihat dari atas Bukit Berahu, Anda bisa menikmati keindahan pantai berpasir putih dan laut biru muda yang jernih. Untuk mencapai pantai, Anda harus menuruni 97 anak tangga karena pantai di sini merupakan bagian dari bungalow.

2. Danau Kaolin

Instagram @dricshouse

Mungkin Danau ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang wajib Anda kunjungi. Danau yang bernama Danau Kaolin sebenarnya bukan tempat wisata umum, namun sejak banyak fotografer yang ingin mengetahui potensi fotografi di sini, akhirnya Danau ini dibuka untuk wisata.

Kaolin merupakan salah satu kekayaan tambang yang ada di Belitung. Tempat ini memiliki keindahan yang sangat menakjubkan yaitu adanya percampuran air danau berwarna biru dan kaolin berwarna putih yang hampir mirip dengan Kawah Putih yang berada di Bandung, Jawa Barat.

1. Gunung Menumbing

Instagram @arief.dn
Instagram @arief.dn

Dan yang pertama adalah Gunung Menumbing. Gunung yang terletak di Desa Air Belo, Mentok, Kab. Bangka Barat, Bangka Belitung ini merupakan salah satu wisata alam yang memiliki ketinggian sekitar 355 mdpl.

Gunung ini pernah menjadi tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta oleh Belanda pada tahun 1948-1949 di Pulau Bangka. Dipuncak Gunung ini terdapat sebuah wisma yang menjadi tempat tinggal Bung Karno dan Bung Hatta semasa diasingkan.

Itulah beberapa wisata alam yang ada di Bangka Belitung yang perlu Anda kunjungi, karena memiliki alam yang sangat indah dan membuat Anda terpana. Oiya, selain wisata alam, Indonesia juga punya loh wisata air yang tidak kalah kerennya, kira-kira di mana saja ya? Yuk simak: 5 Wisata Air Yang Bikin Anda Makin Cinta Indonesia

#Bangka Belitung #Kuliner Bangka Belitung #Wisata Alam
Bagikan
Ditulis Oleh

Zahrina Idzni

Gaul, supel dan berkibarlah bendera negeri, Merah Putih Jaya
Bagikan