Selain Pantai, Inilah 4 Destinasi Wisata yang Bisa Kamu Datangi di Belitung Pulau Belitung menyimpan banyak destinasi wisata selain pantai. (Foto: Instagram@vinaadifa)

APA yang terlintas di benakmu ketika mendengar Belitung? Mungkin pantai yang indah atau tempat shooting film Laskar Pelangi? Ternyata selain pantai yang indah, Belitung juga memberikan destinasi wisata lain yang juga tidak kalah menarik. Jika kamu ingin mengunjungi Belitung, 4 destinasi ini bisa menjadi pilihanmu:


1. Goa Kelayang, datanglah sewaktu pasang

goa kelayang
Goa Kelayang yang sajikan keindahan di kala air laut pasang. (Foto: Instagram@agathatour.bangkabelitung)


Goa yang berada di Pulau Tanjung Kelayang ini memiliki keunikannya tersendiri. Untuk sampai ke dalam goa, kamu harus berjalan menembus hutan dan menuruni bebatuan. Goa ini terbentuk akibat geseran batu granit yang akhirnya menyerupai goa. Di tengah-tengah ada sebuah kolam alami. Pastikan kamu datang saat air sedang pasang ya karena ketika surut kamu hanya akan menemukan pasir saja.


2. Vihara Dewi Kwan-Im, situs sejarah dan keagamaan

kwan im
Ramai dikunjungi orang. (Foto: Instagram@ciskasabandar)


Tidak hanya destinasi alam saja yang bisa kamu temukan di Belitung. Situs sejarah dan keagamaan seperti Vihara Dewi Kwan-Im juga dapat kamu singgahi. Vihara ini merupakan kelenteng tertua di Belitung dan yang membuatnya terkenal adalah adanya patung Dewi Kwan-Im setinggi 12 meter. Setiap harinya vihara ini ramai didatangi pengunjung yang ingin beribadah maupun berwisata.


3. Pulau Lengkuas, ada kolam bidadari

pulau lengkuas
Mercusuar di Pulau Lengkuas. (Foto: instagram@hestriamaulin)


Kamu tidak perlu penasaran lagi jika ingin melihat mercusuar karena di Pulau Lengkuas, Belitung ada sebuah mercusuar setinggi 70 meter. Mercusuar ini menjadi daya tarik utama karena sudah ada sejak tahun 1880-an. Tapi sayangnya sejak Mei 2017, akses untuk naik ke atas mercusuar sudah dilarang oleh pemerintah daerah setempat. Namun jangan khawatir karena selain mercusuar, di pulau Lengkuas ini ada kolam bidadari yang bisa menjadi tempat berendam sambil menikmati indahnya batuan granit.


4. Danau Kaolin berwarna hijau kebiruan

danau kaolin
Danau Kaolin bekas pertambangan timah. (Foto: Instagram@vivian_marvela


Kalau berbicara mengenai Belitung, pasti yang terlintas pertama kali adalah pertambangan timah karena provinsi ini merupakan salah satu daerah penghasil timah terbesar di Indonesia. Banyak daerah bekas galian timah yang akhirnya berubah menjadi danau. Keunikan danau Kaolin ini adalah warna airnya yang terlihat hijau kebiru-biruan. Walaupun danau ini bekas pertambangan, tapi tidak membuat airnya penuh polusi sehingga ikan pun masih bisa hidup di danau ini.
Itulah beberapa destinasi wisata Belitung yang harus kamu singgahi selain bermain di pantai. Bagaimana? Jadi lebih tertarik untuk mengunjungi Negeri Laskar Pelangi ini? (sam)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH