Selain Nikmat, Sumsum Tulang Sapi Bisa Menjaga Kulit Awet Muda sum-Sumsum tulang sapi berikan banyak manfaat untuk kesehatan. (Foto: Pinterest/tenplay.com.au)

SIAPA yang tidak menyukai kelezatan sumsum tulang sapi. Gurih! Biasanya sumsum tulang direbus untuk dijadikan sup dan cadangan kaldu para ibu rumah tangga. Hmmm… membayangkannya saja sudah menggugah selera. Apalagi saat ini banyak variasi menu sumsum tulang ala-ala kekinian.

Melansir dari healthline.com, banyak orang menghindari konsumsi sumsum tulang sapi karena 90% kandungannya berupa lemak. Tetapi siapa sangka? Dibaliknya kenikmatannya terdapat segudang manfaat yang baik untuk tubuh.

Baca Juga:

5 Menu Sarapan yang Indonesia Banget


Jaringan lemak pada sumsum tulang bahkan dijadikan sumber adiponektin yang berfungsi menjaga keseimbangan gula dalam darah. Tulang sumsum yang direbus mengeluarkan senyawa mineral seperti kalsium dan fosfor.

1. Menjaga sendi

dengkul
Sumsum menjaga persendian dengan baik. (Foto: Pixabay/KeithJJ)

Terdapat kandungan glukosamin dan kolagen dalam sumsum tulang sapi. Keduanya berperan aktif dalam menjaga kesehatan sendi dan perbaikan struktur yang rusak. Dengan mengkonsumsi sumsum secara rutin, kamu akan terhindar dari penyakit osteoporosis. Tentu saja keduanya akan bekerja lebih optimal jika diimbangi dengan olahraga secara rutin.


2. Buat kulit awet muda

kulit
Menjadi awet muda dengan konsumsi sumsum tulang sapi. (Foto: Pixabay/6335159)

Kunci memiliki kulit yang sehat dan tetap terlihat awet muda ada dalam asupan gizi. Selain sayur dan buah, kamu membutuhkan kolagen. Kandungan ini dibutuhkan tubuh untuk menjaga kekenyalan kulit. Proses regenerasi kulit mati akan semakin cepat sehingga kulit terlihat cerah dan berseri.

Baca Juga:

Panjang Umur dengan Makanan Pedas


3. Lancarkan pencernaan

pencernaan
Pencernaan menjadi lancar. (Foto: Pixabay/Alexas_Fotos)

Terdapatnya zat gelatin yang dapat digunakan untuk berbagai hal. Dari mulai bahan masakan sampai dunia medis. Salah satu fungsinya adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan. Gelatin bahkan mampu memperbaiki kerusakan dan meredakan peradangan pada dinding saluran pencernaan.

4. Kekebalan tubuh

sumsum
Dapat membantu proses penyembuhan. (Foto: Pexels/Pixabay)

Adanya senyawa alkilgliserol dalam sumsum tulang sapi berfungsi sebagai penunjang sel darah putih dalam tubuh. Selain itu senyawa ini juga menjaga kadarnya agar tetap seimbang. Itu lah mengapa orang yang sedang sakit dianjurkan untuk mengkonsumsi sup kaldu sapi. (mar)

Baca Juga:

Berkunjung ke Calon Ibu Kota? 6 Kuliner Ini Pasti Bikin Kamu Ngiler



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH