Selain Menyehatkan, Terung Juga Dapat Melawan Kanker

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 14 Agustus 2018
Selain Menyehatkan, Terung Juga Dapat Melawan Kanker
Terung menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. (Foto: pixabay/rocknevis)

TERUNG merupakan sayuran yang cukup populer. Terung kerap digunakan dalam berbagai masakan, seperti dikukus, dipanggang, digoreng atau direbus dan dikombinasikan dengan bahan dan bumbu lainnya.

Mengukus sayuran berwarna ungu ini merupakan cara yang efektif untuk mempertahankan tingkat antioksidan yang terkandung di dalamnya. Adanya anthocyanin pada terung dapat menjaga kesehatan jantung, serta kandungan nasunin didalam terung juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak.

(Foto: pixabay/hans)

Selain itu, terung juga memiliki beberapa manfaat yang cukup mengejutkan. Seperti dilansir dari Boldsky, berikut ini 4 manfaat utama dari terung.

1. Mengurangi Risiko Penyakti Jantung

Menurut beberapa penelitian, antioksidan dalam terung dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Pasalnya jika mengonsumsi terung akan menurukan kolestrol jahat (LDL) dan trigliserida yang merupakan penyebab utama penyakit jantung. Jadi, mengonsumsi terung secara rutin sangat baik untuk kesehatan jantung.

2. Mengontrol Gula Darah

Terung yang kaya akan serat, dapat menurukan gula darah dengan memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh. Nah, penyerapan yang lambat ini membuat kadar gula darah kamu tetap stabil dan juga mencegah lonjakan gula darah. MEngenai hal itu, para penliti jgua mengatakan, jika adanya polifenol pada terung juga dapat mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin

3. Membantu Mengatur Berat Badan

Kandung serat pada terung dan rendah kalori membuat terung menjadi makanan yang cukup sempurna untuk diet alias menurunkan berat badan. Pasalnya, kehadiran serat pada terung dapat membuat kamu cepat terasa kenyang, hingga mengurangi asupan kalori.

4. Melawan Kanker

Terung diketahui memiliki 13 jenis senyawa fenolik yang memiliki kemampuan ampuh untuk melawan kanker. Mereka juga mengandung rhamnosil glikosida solasodine yang dapat membantu dalam pengobatan kanker menurut studi tabung uji. Selain itu, nasunin yang merupakan fitonutrein dan antioksidan yang ditemukan pada terung juga bisa membantu dalam melawan kanker. (Ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Begini Penjelasan Ilmiah Tentang Kesehatan Tidur dalam Keadaan AC Menyala

#Sayuran Berserat #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan