Selain Kopi, Minuman Berkafein Ini Punya Segudang Manfaat Teh hijau memiliki segudang manfaat (Foto: Pixabay/Foundry)

KOPI telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban. Minuman ini kerap menemani kita di pagi hari, siang, bahkan malam hari. Namun, selain kopi, minuman berkafein lainnya seperti teh juga bisa menjadi alternatif untuk kamu nikmati.

Teh sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Ada banyak varietas daun teh tetapi teh hitam dan hijau adalah yang paling populer sejauh ini. Tapi manakah pilihan teh yang sehat?

Baca juga:

Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Makan Makanan Pedas Tiap Hari!

Melansir Medical News Today, ketika kamu mencari teh untuk meningkatkan fungsi otak, menghilangkan lemak, atau memperpanjang usia, teh hijau lebih unggul dibandingkan teh hitam. Sebenarnya teh hijau dan teh hitam berasal dari tanaman yang sama namun diproses secara berbera pasca dipetik. Cara pengolahan tersebut mempengaruhi susunan biologisnya.

Teh hijau dan teh hitam berasal dari tanaman yang sama (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Pengolahan teh hijau membuatnya memiliki banyak keistimewaan. Teh hijau kaya akan flavonoid alami daripada teh hitam. Flavonoid memiliki manfaat pada kesehatan, di antaranya menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, asma, dan stroke.

Baca juga:

Teh Hijau Bisa Bantu Kamu Diet, Masa sih?

Selain itu, teh hijau juga berperan khusus dalam melindungi otak. Menurut Stefan Borgwardt, direktur Departemen Psikiatri dan Psikoterapi di University of Lübeck, Jerman, teh hijau yang dikonsumsi setiap hari dapat meningkatkan fungsi otak.

eh hijau dapat mengurangi kecemasan (Foto: Medical News Today)

"Teh hijau dapat mempengaruhi otak dalam tiga bentuk berbeda, yakni mengurangi kecemasan, meningkatkan fungsi kognisi seperti kemampuan untuk fokus dan perhatian, dan meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan terutama ingatan," ujar Borgwardt.

Borgwardt pun menyarankan agar meminum teh hijau secara teratur dan dengan takaran tepat agar mendapatkan manfaat tersebut. "Konsumsi setidaknya 100 mililiter teh hijau atau satu cangkir setiap hari untuk melindungi fungsi neurokognitif," sarannya.

Yuk mulai rutin mengonsumsi teh hijau sobat Merah Putih. (avia)

Baca juga:

Canda, Tawa, Hingga Cinta dari Secangkir Kopi

Kredit : iftinavia


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH