Selain Diskualifikasi, Denda Besar Dijatuhkan Pada Djokovic

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 07 September 2020
Selain Diskualifikasi, Denda Besar Dijatuhkan Pada Djokovic
Novak Djokovic dari Serbia meninggalkan lapangan setelah didiskualifikasi. (Foto: Antara/ REUTERS/USA TODAY Sports/Danielle Parhizkaran).

MerahPutih.com - Novak Djokovic harus meninggakan pertandingan atau diskualifikasi saat akhir set pertama dalam pertandingan 16 besar US Open melawan petenis Spanyol Pablo Carreno Busta. Djokovic sedang tertinggal 5-6 ketika dia memukul bola yang diarahkan kepada seorang ofisial perempuan. Bola itu mengenai leher sang ofisial sampai terpekik.

Djokovic bergegas memeriksa ofisial itu dan setelah beberapa menit sang ofisial bangun dan keluar dari lapangan. Tetapi, sekitar sekitar 10 menit berdiskusi dengan wasit turnamen, umpire menyatakan Carreno Busta menang karena default (Djokovic dibatalkan).

Buntut dari insiden ini, semua rangking yang didapat di US Open dibatalkan dan petenis nomor satu dunia ini didenda 250.000 dolar AS oleh Asosiasi Tenis Amerika Serikat (USTA).

Baca Juga:

8 Pemain Asing Pilih Hengkang dari Liga 1 2020

USTA menyatakan Djokovic didiskualifikasi sesuai aturan Grand Slam karena sengaja memukul bola secara membahayakan atau sembrono di dalam lapangan atau memukul bola dengan lalai mengabaikan akibatnya.

"Karena dia telah dibatalkan, Djokovic akan kehilangan semua poin peringkat yang didapatkannya di US Open dan akan didenda dengan hadiah uang yang dia dapatkan pada turnamen ini ditambah setiap atau semua denda yang dikenakan sehubungan dengan insiden yang melanggar tersebut," kata USTA seperti dikutip AFP.

Novak Djokovic dan seorang ofisial turnamen mengecek seorang hakim garis yang terkena bola yang dipukulkan Djokovic saat menghadapi Pablo Carreno Busta dari Spanyol dalam US Open 2020 di USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York, pada 6 September 2020. (REUTERS/USA TODAY Sports/Danielle Parhizkaran)
Novak Djokovic dan seorang ofisial turnamen mengecek seorang hakim garis yang terkena bola yang dipukulkan Djokovic. (Foto: Antara/REUTERS/USA TODAY Sports/Danielle Parhizkaran)

Djokovic difavoritkan memenangkan gelar US Open keempatnya. Petenis berusia 33 tahun ini tengah yang berusaha merebut gelar Grand Slam ke-18 yang terpaut dua gelar dari Roger Federer.

"Syukurlah tak ada orang lain, tak ada penonton, tetapi dia memang memiliki kebiasaan yang kadang-kadang memukul bola ke tribun. Frustrasi mulai memuncak," kata Mantan Pelatih Petenis Serbia Boris Becker, seperti dikutip Kantor Berita Antara.

Baca Juga:

Skandal Pengaturan Skor Tenis Juga Terjadi di Indonesia

#Novak Djokovic
Bagikan
Bagikan