Selain Dikonsumsi Oat Bisa Dimanfaatkan untuk Ini

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 01 September 2021
Selain Dikonsumsi Oat Bisa Dimanfaatkan untuk Ini
Oat mempunyai banyak manfaat selain untuk dikonsumsi. (Foto: Unplash/Jocelyn Morales)

BANYAK hal bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan oat. Biji-bijian kecil yang sederhana ini dikemas dengan antioksidan, vitamin, mineral, dan dikenal baik untuk kesehatan jantung dan pengaturan gula darah. Oat dapat dijadikan sarapan cepat dan mudah, kue sehat, dan bahkan roti. Oat dapat dihaluskan menjadi tepung, dicampur menjadi susu, dan digunakan dalam banyak resep imajinatif.

Seharusnya jelas pada titik ini bahwa oat sangat serbaguna dalam resep, tetapi ternyata kegunaan oat tidak berhenti sampai di sana. Ada beberapa cara agar oat dapat digunakan di area lain di rumah kita, mulai dari kamar mandi hingga ruang bermain anak-anak.

Baca Juga:

Racikan Overnight Oats, Praktis untuk Sarapan

1. Play-Dough

Ini adalah cara bagus untuk menggunakan oat yang mungkin sudah terlalu lama berada di lemari kamu. Kamu dapat menyenangkan anak-anak, dan mungkin diri kamu sendiri dengan menyiapkan sejumlah playdough yang tidak beracun dan bebas dari bahan kimia. Kamu bahkan dapat melibatkan anak-anak dalam pembuatan playdough terlebih dahulu karena tidak perlu memasak. Dengan cara yang sangat cepat dan mudah, kamu hanya membutuhkan tiga bahan.

Campurkan dua cangkir oat mentah, satu cangkir tepung biasa, dan satu cangkir air. Rasio ini dapat ditingkatkan atau diturunkan tergantung pada kebutuhan kamu. Campur bahan hingga tercampur rata, lalu uleni adonan hingga membentuk playdough yang bisa dibentuk.

Saat tidak digunakan, simpan playdough kamu dalam wadah tertutup di lemari es hingga seminggu. Playdough ini dapat dibuat kompos setelah anak-anak selesai bermain.

2. Sampo Kering

Oat bisa dijadikan sampo kering dengan beberapa tambahan bahan lain. (Foto: Unplash/Valeriia Kogan)

Sampo kering bisa menjadi penyelamat pada hari-hari ketika kamu bangun terlambat dan tidak punya waktu untuk mandi, atau jika kamu memilih untuk pergi tanpa sampo. Apa pun alasannya, memiliki sampo kering di tangan bisa jadi sangat berguna. Nah, oat bisa kamu jadikan sampo kering hanya dengan menggunakan food processor dan toples.

Ambil dua sendok makan oat kering dan haluskan sampai menjadi bubuk halus. Campur ini dengan 1/2 cangkir tepung jagung. Jika kamu memiliki rambut berwarna gelap, kamu juga bisa menambahkan bubuk kakao. Simpan sampo kering kamu dalam stoples dengan penutup. Pada hari-hari ketika rambut kamu terasa sedikit berminyak, pijatkan sedikit sampo kering ke akar rambut dan pastikan untuk membersihkan debu yang berlebih.

3. Pengharum Kulkas

Oat bisa menghilangkan bau tidak sedap dari kulkasmu. (Foto: Unplash/Erik Mclean)

Banyak orang menggunakan soda kue sebagai pewangi lemari es. Namun, gandum dari oat mampu melakukan pekerjaan yang sama baiknya. Jika kamu kehabisan soda kue, letakkan sebotol oat di bagian belakang lemari es kamu dan cium perbedaannya.

Baca Juga:

Cita Rasa Hidangan Vegetarian di Dunia, Indonesia juga Punya

Oat bekerja dengan cara sama seperti baking soda yakni menyerap bau makanan yang tidak sedap. Tinggalkan sebotol gandum di area rumah lainnya yang bau untuk membantu menghilangkan bau tidak diinginkan.

4. Kantung Teh Celup

Kamu bisa memasukkannya dalam kantung teh untuk mandi. (Foto: Unplash/k8-vl_l_)

Oat memiliki semua jenis sifat kesehatan yang bekerja secara topikal dan juga secara internal. Oat diketahui membantu dalam mengobati dan menenangkan efek eksim, kulit gatal atau kering, sengatan dan gigitan, serta sengatan matahari ringan.

Salah satu cara mudah menggunakan oat untuk kulit adalah dengan menambahkannya ke air mandi kamu. Jika kamu tidak tertarik untuk mandi di bak penuh dengan oat, salah satu solusi yang bagus adalah membuat beberapa kantung teh celup bak mandi.

Cukup isi kantung kecil dengan oat dan bahan bergizi lainnya seperti minyak esensial, bunga kering, dan garam Epsom, lalu tutup rapat. Kemudian, gantung kantung teh celup di atas keran dan biarkan air panas mengalir melaluinya.

5. Masker Wajah

Masker wajah menggunakan oat juga mudah digunakan. (Foto: Unplash/Engin Akyurt)

Cara lain untuk menggunakan oat secara topikal adalah dengan membuat masker wajah. Oat sangat menenangkan untuk kulit, dapat membantu mengunci kelembapan, dan mengurangi peradangan serta kemerahan. Dalam resep masker wajah yang menenangkan ini, kamu membutuhkan satu buah pisang, dua sendok makan oat, dan sedikit perasan air lemon.

Blender atau campur semua bahan menjadi satu sampai kamu mendapatkan tekstur pasta dan oleskan pada wajah. Kamu bisa duduk dengan masker ini selama 10-15 menit. (tel)

Baca Juga:

Disebut Produk Non-Dairy Terkini, Apakah Oat Milk Sehat?

#Kesehatan #Makanan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan