Selain Diet, Berikut Manfaat Almond Bagi Tubuh! Almond bermanfaat baik untuk tubuh. (Pexels.Mehran B)

ALMOND menjadi makanan paling diandalkan pelaku gaya hidup sehat dan orang diet. Kacang almond bisa dikonsumsi langsung, atau jadi pelengkap (topping) makanan lain.

Almond terkenal dengan rasa nikmat, juga memiki manfaat sangat kaya untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat mengkonsumsi almond.

Baca juga: 5 Pengganti Gula yang tak Kalah Manis



Mengurangi berat badan

Almond
Menambah rasa kenyang. (Pixabay.Free-Photos)

Memiliki kandungan kaya protein dengan serat tinggi, almond berfungsi untuk menambah rasa kenyang dan dampaknya akan membuat konsumsi kalori lebih sedikit. Konsumsi almond secara berkala ampuh menggenjot metabolisme agar dapat lebih banyak membakar kalori dan lemak.



Tekanan darah

Almond
Mengurangi tekanan darah. (David Disponett)

Almond juga berfungsi untuk membantu mengurangi tekanan darah. Memiliki kandungan magnesiun berfungsi mengurangi tekanan darah sehingga dapat menurunkan risiko beragam penyakit, seperti ginjal, stroke, dan jantung.



Vitamin E

Almond
Sebagai antioksidan larut dalam lemak. (Pexels.Public Domain Pictures)

Almond merupakan salah satu sumber vitamin E terbaik dengan setiap porsinya mengandung 37 persen asupan vitamin E harian. Selain itu, almond berfungsi sebagai antioksidan larut dalam lemak, vitamin E di membran sel, dan melindungi sel dari kerusakan. Asupan vitamin E dihubungkan dengan tingkat penyakit kanker, jantung, dan Alzheimer lebih rendah.


Baca juga: Padi Sehat Organik Kunci Kemandirian Petani Indonesia



Mengurangi kolesterol

Almond
Kulitnya kaya akan polifenol. (pexels.Ali Hasan)

Mengkonsumsi almond ampuh menurunkan LDL atau kolesterol jahat. Dengan mengkonsumsi almond 20 persen dari kebutuhan kalori bermanfaat untuk mengurangi LDL 12,4 mg/dL. Almond bermanfaat mencegah oksidasi yang dapat berkembang menjadi beragam penyakit. Bagian kulit almond mengandung banyak polifenol untuk mencegah oksidasi kolesterol.




Mengontrol gula darah

Almond
Mengandung magnesium. (pexels.Irina Iriser)

Mengandung karbohidrat rendah tapi tinggi lemak, protein, dan serat. Manfaat tersebut berfungsi mengontrol gula darah tetap stabil dan baik untuk orang dengan diabetes. Kandungan magnesium dalam almond membantu mengontrol gula darah dalam tubuh.




Antioksidan

Almond
Dapat mencegah penyakit kanker. (Pexels.Buenosia Carol)

Almond memiliki sumber antioksidan baik bagi tubuh. Antioksidan dikenal dapat melindungi tubuh dari kerusakan dan penuaan sel. Selain itu memiliki manfaat untuk mencegah beragam penyakit, seperti kanker. Menurut studi, antioksidan paling tinggi dalam almond ada pada lapisan kulit berwarna cokelat. Dianjurkan mengkonsumsi almond bersamaan dengan makanan berat. (lgi)


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH