Selain Berbaring, Baiknya Kamu Hindari 5 Kebiasaan ini Setelah Makan Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kita abaikan setelah makan (Foto: Pixabay/RyanMcGuire)

MAKAN adalah kegiatan yang wajib di lakukan untuk memberikan kita energi dan nutrisi pada tubuh, pada gilirannya kita bisa berktivitas dan bertahan hidup. Namun, kita sering terburu-buru saat makan karena ingin melakukan berbagai kegiatan lain.

Tanpa kita sadari, ternyata banyak aktivitas yang sering kali kita lakukan setelah makan dan sebenarnya itu berisiko buruk untuk kesahatan kita lo. Lalu aktivitas apa yang seharusnya kamu hindari setelah makan? Dirangkum dari beberapa laman kesehatan, berikut lima kebiasaan yang sebaiknya kamu hindari setelah selesai makan. Yuk, simak ulasannya!

1. Minum Teh

Selain Berbaring, Baiknya Kamu Hindari 5 Kebiasaan ini Setelah Makan
Sebaiknya hindari minum teh sesudah makan (Foto: pixabay/Congerdesign)

Meminum teh satu jam sebelum dan setelah makan ternyata dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan ke dalam tubuh lo.

Penelitian mengatakan kecenderungan akan hal tersebut mencapai hingga 64 persen, hal itu bisa terjadi karena kandungan albumin, kafein, tanik, dan vitamin yang terdapat pada teh.

2. Beraktivitas Fisik

Selain Berbaring, Baiknya Kamu Hindari 5 Kebiasaan ini Setelah Makan
Dilarang melakukan aktivitas fisik berat sehabis makan (Foto: pixabay/stocksnap)

Berjalan, berlari, atau atau melakukan aktivitas fisik lainnya setelah menyantap makanan kerap menjadi kebiasaan bagi kamu yang sangat sibuk. Kebiasaan buruk ini harus segera dihindari dan dihentikan karena itu akan berakibat gangguan sistem pencernaan.

Tidak hanya itu, langsung melakukan aktivitas fisik berat setelah makan dapat menyebabkan asam lambung keluar dan mengenai kerongkongan yang bisa membuat kerongkongan terasa panas.

3. Makan Buah

Selain Berbaring, Baiknya Kamu Hindari 5 Kebiasaan ini Setelah Makan
Sebaiknya makan buah sebelum makan berat (Foto: pixabay/silviarita)

Bagi kebanyakan orang di Asia, buah biasanya dikenal sebagai hidangan pencuci mulut setelah makan. Tak bisa dipungkiri banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi buah.

Namun, itu dilakukan baiknya bukan saat perut telah terisi dengan makanan atau setelah makan. Mengonsumsi buah setelah makan justru bisa mengakibatkan sistem pencernaan terganggu bahkan bisa menyebabkan sembelit.

4. Mandi

Selain Berbaring, Baiknya Kamu Hindari 5 Kebiasaan ini Setelah Makan
Sebaiknya tunggu beberapa menit untuk mandi setelah makan (foto: pixabay/Olichel)

Mandi setelah makan ternyata dapat berdampak buruk lo bagi kesehatan kamu. Faktanya saat kita sedang mandi suhu tubuh akan menurun, sehingga tubuh akan mengirim darah ke bagian tubuh lainnya selain ke perut.

Padahal, proses pencernaan pada perut membutuhkan darah yang cukup banyak. Mandi setelah makan akan mempengaruhi sistem pencernaan dan metabolisme kamu.

5. Merokok

Selain Berbaring, Baiknya Kamu Hindari 5 Kebiasaan ini Setelah Makan
Merokok setelah makan beresiko lebih besar pada kesehatan (foto: pixabay/geralt)

Seperti yang telah diketahui, merokok adalah salah satu kebiasaan yang sangat tidak sehat karena bisa merusak kesehatan paru-paru, jantung, bahkan bisa menambah risiko kanker. Ternyata kegiatan tersebut bisa mejadi lebih berbahaya jika dilakukan setelah makan.

Banyak penelitiaan yang mengatakan, menghisap satu batang rokok setelah makan sama saja seperti menghisap 10 batang sekaligus. Karena itu, merokok setelah makan akan terasa lebih enak, namun dampak buruk bagi kesehatan pun ikut meningkat 10 kali lebih tinggi. (gsh)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH