Selain Aman saat Banjir, Ternyata 3 Mobil Amfibi ini juga Ramah Lingkungan Mobil amfibi yang mampu berenang di atas permukaan air. (Foto: Daillymail)

SEIRING berjalannya waktu, bumi yang kita singgahi ini semakin rusak lingkungannya karena banyak faktor, salah satunya adalah emisi asap kendaraan. Oleh karena itu, berbagai produsen melahirkan mobil baru yang diciptakan agar lebih ramah lingkungan. Sama seperti katak, mobil-mobil di bawah ini bisa digunakan saat berada di darat maupun air, akrab disebut dengan nama mobil amfibi.

Bagaimana mobil amfibi bisa ramah lingkungan? Beberapa mobil amfibi bisa dilihat dari model bodi yang memiliki performa mesin mumpuni, namun tetap efisien dalam hal bahan bakar. Mulai dari mobil hingga truk, berikut terangkum beberapa mobil amfibi yang katanya sih ramah lingkungan.

Baca juga:

Tips Ampuh Membersihkan Mobil yang Terendam Banjir

1. Rinspeed Squba

Selain Aman saat Banjir, Ternyata 3 Mobil Amfibi ini juga Ramah Lingkungan
Mobil sport pertama yang bisa melaju di dalam air. (Foto: Rinspeed AG)

Rinspeed Squba merupakan mobil sport pertama yang bisa melaju di darat maupun di bawah air layaknya kapal selam. Mobil amfibi ini dibuat oleh perusahaan Swiss Rinspeed dengan mengembangkan konsep baru, sQuba.

Rinspeed Squba merupakan mobil selam ramah lingkungan pertama di dunia. Kendaraan listrik tanpa emisi ini mampu menyelam hingga kedalaman 10 meter. Mobil ini ditenagai oleh tiga buah motor elektrik yang mengambil daya dari baterai lithium-ion, satu untuk darat, dan dua untuk di air.

Saat berada di darat, mobil ini bisa melesat hingga 120 kilometer per jam, sedangkan di bawah air hanya mencapai enam kilometer per jam. sQuba juga menyiapkan sistem tabung oksigen penyelam biasa. Ketika penumpang meninggalkan kursi kendali, mobil ini akan secara otomatis terapung.

Baca juga:

Lightyear One, Mobil Ramah Lingkungan yang Gunakan Panel Surya

2. Water Car Panther

Selain Aman saat Banjir, Ternyata 3 Mobil Amfibi ini juga Ramah Lingkungan
Bisa berubah menjadi speedboad dalam 15 detik. (Foto: YouTube/WaterCar Amphibious Vehicle Manufacturer)

Mobil amfibi yang satu ini dibuat oleh sebuah perusaahan asal California yang bernama Water Car pada 2013 silam. Mirip seperti di film ‘Transformers’, Water Car Panther mampu berubah wujud menjadi sebuah speedboat hanya dalam waktu 15 detik saja.

Mobil ini juga mampu melaju dengan kecepatan 130 kilometer per jam di darat dan 72 kilometer per jam di air. Saat berada di air, roda mobil ini akan terangkat dengan menggunakan hidrolik agar meningkatkan performanya di air. Water Car Panther memiliki rekor sebagai kendaraan amfibi tercepat di dunia yang tercatat di Guiness World Record.

3. Sherp ATV

Selain Aman saat Banjir, Ternyata 3 Mobil Amfibi ini juga Ramah Lingkungan
Sherp ATV, si monster penakluk segala kondisi. (Foto: YouTube/SHERP ATV)

Sherp ATV memiliki bentuk kota yang menyerupai desain seperti mainan dengan empat roda besar. Kendaraan ini juga dijuluki sebagai truk raksasa atau truk monster yang bisa menaklukan segala kondisi.

Kendaraan amfibi yang satu ini memiliki dua kursi dan area kargo yang luas, dapat menaiki rintangan setinggi lebih dari setengah meter, dan dapat berenang dengan mudah karena ukuran rodanya yang besar.

Uniknya disaat ban kendaraan ini bocor, mampu mengisi sendiri kekurangan angin tersebut. Sherp ATV juga memuat 15,3 galon dan 44 tenaga kuda. Di darat, mobil ini mampu melintas dengan kecepatan 45 kilometer per jam dan enam kilometer per jam di atas air. Bagaimana, apa kamu tertarik untuk memiliki mobil amfibi? Dijamin kamu enggak bakal khawatir akan banjir. (And)

Baca juga:

Mau Beli Mobil Second? Kenali Ciri Mobil yang Pernah Terendam Banjir



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH