Sekoteng Singapore, Penghangat Badan yang Jadi Khas Sukabumi Sekoteng singapore khas Sukabumi. (Foto: instagram@susiekanovianti)

SUKABUMI terletak di barat daya Jawa Barat. Daerah ini terbagi dua wilayah administrasi, kota dan kabupaten. Berbatasan dengan Banten, Sukabumi terkenal memiliki destinasi wisata alam andalan pegunungan dan destinasi bahari.

Sukabumi juga salah satu kota kuliner di Bumi Priangan. Bagi para wisatawan, tak sulit menemukan bekal oleh-oleh setelah berwisata di Sukabumi. Kuliner khas untuk buah tangan banyak dijajakan di tempat-tempat wisata hingga daerah perkotaan.

Salah satu kuliner terkenal dari Sukabumi yaitu sekoteng singapore. Namanya cukup unik. Ketika mendengarnya, mungkin kamu menganggap makanan ini berasal dari negeri tetangga Singapura, tapi sebetulnya enggak. "Singapore" hanya ejaan Singapura dalam bahasa Inggris.

1. Sekoteng sajian dari Tiongkok

Sekoteng Singapore khas Sukabumi. (Foto: instagram.com/ann_rachim)
Sekoteng Singapore khas Sukabumi. (Foto: instagram@ann_rachim)

Sekoteng merupakan makanan yang terpengaruh dari sajian Tiongkok. Sup buah dengan beragam bahan-bahan lain ini disajikan dalam mangkuk dengan nama shigouteng atau dalam bahasa Hokkian sukothung.

Biasanya makanan tersebut disajikan dengan kuah hangat campuran gula. Seiring waktu semakin berkembang dengan beragam bahan tergantung di daerah tempat berkembangnya dan kuah lebih beraroma jahe. Selain nusantara, makanan tersebut juga dikenal di Singapura dengan nama cheng teng.

Sekoteng singapore khas Sukabumi ada tambahan roti berbentuk bulat panjang dan biskuit. Roti ini yang membedakan sekoteng khas Sukabumi dengan sekoteng lain. Di dalam sekoteng ada kacang hijau, kolang kaling, pacar cina, dan jenis kacang-kacangan lain.

2. Sajian wajib ketika berwisata kuliner di Sukabumi

Sekoteng Singapore. (Foto: instagram.com/joealief)
Sekoteng Singapore yang manis dan hangat. (Foto: instagram@joealief)

Kuah sekoteng singapore seperti pada umumnya di daerah lain Indonesia yaitu air gula dengan campuran jahe dan susu. Sekoteng singapore terkenal sangat enak, rasa manis dengan citarasa menghangatkan tubuh dari jahe.

Kamu dapat menemukan sekoteng singapore di kawasan Jalan Ahmad Yani. Jalah ini merupakan jalan protokol di pusat Kota Sukabumi. Daerah tersebut merupakan tempat yang terkenal sebagai kawasan wisata di Sukabumi. Ada banyak jajanan dan beragam oleh-oleh khas Sukabumi. Kedai Sekoteng singapore selalu ramai baik oleh masyarakat Kota Sukabumi maupun para pelancong.

Nah, itu dia sekoteng singapore. Meski bisa dijadikan oleh-oleh, sekoteng singapore cocok disantap hangat-hangat ditempat. Biasanya sebagai menu penghangat badan di tengah malam. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Geco, Makanan Khas Cianjur Paling Maknyus!

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH