Parenting

Sekolah Segera Dibuka, Persiapkan Anak dengan 5 Hal Ini

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 04 Juni 2021
Sekolah Segera Dibuka, Persiapkan Anak dengan 5 Hal Ini
Patuhi protokol kesehatan. (Foto: Unsplash/Kelly Sikkema)

SEIRING berjalannya bioskop yang sudah dibuka, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim akan mengizinkan sekolah bertatap muka dengan berbagai persyaratan. Tidak sekadar mengecek kembali kelengkapan peralatan menulis, buku pelajaran, dan seragam anak, orangtua juga harus memastikan tubuhnya fit untuk memulai kegiatan belajar di luar rumah.

Bagi beberapa orangtua, menyuruh anak kembali ke sekolah setelah cukup lama belajar di rumah bisa menjadi tantangan. Mengutip Alodokter, yuk persiapkan anak dalam 5 hal ini.

Baca juga:

Tantangan Anak Sekolah dari Rumah dan Cara Mensiasatinya

1. Beri semangat

Perbedaan Bahasa Akademik Anak Sekolah Vs. Kuliahan di Tongkrongan
Berikan semangat untuk menjalani hari baru. (Foto: Unsplash/Bermix Studio)


School from home memang memberikan rasa nyaman dan mungkin beberapa anak ada yang malas-malasan karena menganggap enteng. Untuk itu sebagai orang tua, perlu memberikan semangat kembali kepada anak karena akhirnya bisa bertemu teman-teman dan guru-guru di sekolah. Mereka bisa bertukar cerita sekaligus menimba ilmu setelah sekian lama di rumah.

Untuk meredakan ketakutannya mengenai penularan COVID-19, beri tahu ia bahwa setiap sekolah yang akan membuka kegiatan tatap muka tentu melakukan persiapan yang matang. Selaku orang tua, tidak ada salahnya untuk mengecek langsung kesiapan sekolah, mulai dari fasilitas cuci tangan, jarak antar bangku, sampai cek suhu.

2. Memeriksa kesehatan

Sekolah Segera Dibuka, Persiapkan 5 Hal Ini untuk Anak
Periksa kesehatannya terlebih dahulu. (Foto: Unsplash/Online Marketing)


Sebelum anak kembali ke sekolah, ada baiknya memeriksa kesehatan ke dokter, terutama memiliki jika ia memiliki riwayat penyakit kronis, seperti asma. Dokter nantinya akan memastikan apakah fisik anak siap untuk melakukan kegiatan belajar di sekolah, sekaligus memberikan tips penanganan apabila memiliki penyakit kronis.

3. Ingatkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan

Sekolah Segera Dibuka, Persiapkan 5 Hal Ini untuk Anak
Protokol kesehatan sangat penting. (Foto: Unsplash/Kelly Sikkema)


Demi mencegah penularan COVID-19 di luar rumah, anak harus sadar akan pentingnya menerapkan protokol kesehata. Ingatkan mereka untuk selalu mamakai masker, rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih, serta menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain.

Baca juga:

Perbedaan Bahasa Akademik Anak Sekolah Vs. Kuliahan di Tongkrongan

4. Bawakan bekal makanan bergizi

Sekolah Segera Dibuka, Persiapkan 5 Hal Ini untuk Anak
Bawa makanan bergizi dari rumah. (Foto: Unsplash/K15 Photos)


Daripada membeli makanan dari luar, sebaiknya sebagai orang tua membawakan bekal yang bergizi. Contohnya seperti nasi, kentang, sayur, buah, dan makanan berprotein tinggi, seperti daging tanpa lemak dan ikan. Selain itu, kamu juga bisa menyelipkan camilan sehat dari biji-bijian atau kacang-kacangan.

5. Batasi aktivitas di luar rumah

Sekolah Segera Dibuka, Persiapkan 5 Hal Ini untuk Anak
Sebisa mungkin langsung pulang ke rumah. (Foto: Unsplash/CDC)


Setelah pulang sekolah, anak biasanya menghabiskan waktu bermain atau berkumpul bersama temannya. Mengingat pandemi COVID-19 belum usai, sebaiknya batasi aktivitas anak di luar rumah, kecual untuk hal yang penting, seperti les.

Dengan melakukan berbagai persiapan untuk kembali ke sekolah, diharapkan penularan COVID-19 di lingkungan sekolah dapat dicegah semaksimal mungkin. (and)

Baca juga:

Usia Kepala Tiga, Aktor Korea ini Masih Pantas Jadi Anak Sekolah

#Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) #Lipsus Liburan Juni #Parenting #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan