Sekolah Diliburkan Karena Corona? Ini Deretan Situs Belajar Online yang Bisa Kamu Akses Libur dirumah? Kamu bisa belajar mandiri via online lewat beberapa situs belajar (Foto: pixabay/sasint)

SEPERTI yang diketahui, virus corona beberapa bulan terakhir ini sontak menggemparkan dunia. Betapa tidak, virus corona kini bukan menjadi wabah lagi, tapi sudah menjadi pandemi, alias skala internasional.

Sejumlah negara pun turut terdampak virus tersebut, termasuk di Indonesia. Akibat virus corona, bahkan sejumlah sekolah di beberapa wilayah Indonesia pun di liburkan, guna mencegah penyebaran virus corona.

Baca Juga:

March Festival Suarakan Semangat Merdeka Belajar

Mendapat libur sekolah, sebagian pelajar mungkin senang karena bisa bersantai dan menikmati waktu libur. Eits tapi, sayang sekali jika waktu libur digunakan untuk bersantai saja, karena kamu masih tetap bisa belajar via online.

Karena, saat ini banyak sekali situs-situs platform belajar mandiri via online gratis, yang bisa membuatmu tetap mendapat ilmu, meski tak berangkat ke sekolah.

1. Ruang Guru

Ruang guru hadirkan pembelajaran berbasis kurikulum lewat video tutorial interaktif (Foto: ruangguru)

Ruangguru menawarkan platform pembelajaran berbasis kurikulum sekolah melalui video tutorial interaktif oleh guru, dan animasi di aplikasi ponsel.

Perusahaan ini didirikan oleh adamas Belva Syah Devara dan Muhammad Iman Usman pada April 2017, dan telah memiliki 15 juta pengguna hingga tahun 2019.

Link: https://ruangguru.onelink.me/blPk/efe72b2e

2. Rumah Belajar

Rumah Belajar merupakan bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 (foto: belajar.kemdikbud.go.id)

Rumah belajar merupakan portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang bisa dimanfaatkan oleh siswa dan guru pendidikan anak usia Dini (PAUD), SD, SMP, dan SMA/SMK.

Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita bisa belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar juga bisa diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Link: https://belajar.kemdikbud.go.id

Baca Juga:

Segala Hal Tentang Teknologi Pendidikan di Edutech Expo & IIETSE 2020


3. Zenius

Zenius menyediakan puluhan video materi belajar lengkap (Foto: zenius)

Pada Zenius, tersedia puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk SD, SMP, SMA, untuk kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, hingga Kurikulum 2013 Revisi. Lalu pada zenius ada juga puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk persiapan UNBK, UTBK, SPMB STAN, SIMAK UI, dan UTUL UGM.

Selain itu, pada Zenius pun terdapat ribuan set soal untuk latihan, ulangan harian, dan persiapan ujian yang disertai dengan video pembahasan. Pengajaran yang santai pada zenius akan membuat kamu mudah memahaminya. Zenius pun sudah berpengalaman dan telah mengantrkan ratusan ribu pelajar meraih cita-citanya.

Link: https://zenius.net/belajar-mandiri

4. Sekolahmu

Sekolahmu menyediakan program-program kurikulum yang sesuai kebutuhan (Foto: sekolahmu)

SekolahMu menumbuhkan kompetensi pada semua dan setiap anak di berbagai usia dan jenjang. SekolahMu menjadi simpul kolaborasi ratusan sekolah dan organisasi, yang telah dikurasi untuk berkarya dan menyediakan program-program kurikulum yang sesuai kebutuhan.

Link: www.sekolah.mu/tanpabatas

5. SIP Online

SIP Online menyediakan kebutuhan akan informasi seluruh proses pendidikan di sekolah dalam satu aplikasi (Foto: SIP Online)

Sistem Informasi Pendidikan (SIP) Online menyediakan kebutuhan akan informasi seluruh proses pendidikan di sekolah dalam satu aplikasi. Di mana pengguna bisa mengakses data yang berakitan dengan pendidikan (siswa atau sekolah) via Smartphone.

SIP Online sangat simple, semua informasi ada di genggamanmu, jadi sangat mudah bagi seluruh stakeholder sekolah. Dengan kemudahan yang ada ada dan proses yang cepat dalam berinteraksi antar sekolah dan orang tua siswa, maka akan sangat bermanfaat bagi para siswa maupun orangtua.

Link: project6id.co.id


Nah itu dia gengs beberapa platform dan situs belajar mandiri via online yang bisa kamu akses. Daripada mengisi libur akibat pandemi virus corona dengan bersantai dan berdiam diri dirumah saja, lebih baik sambil mengasah otak dengan belajar via online. (Ryn)

Baca Juga:

Film 'Parasite' Soroti Mirisnya Pendidikan Korea Selatan

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH