Sekjen PAN: Tidak Ada Inisiator Tunggal Terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 14 Mei 2022
Sekjen PAN: Tidak Ada Inisiator Tunggal Terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu
Suasana konferensi pers Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto di Rumah Heritage Jakarta, Kamis (12/5/2022). ANTARA/Putu Indah Savitri

MerahPutih.com - Pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) disebut merupakan kesepakatan ketiga ketua umum parpol, yakni Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa.

"Kalau dilihat aspek pertemuannya, tidak ada inisiator tunggal, itu inisiasi semua, jadi ini merupakan kesepakatan tiga ketum tersebut," kata Sekjen PAN Eddy Soeparno, dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (14/5).

Baca Juga

Koalisi Golkar-PPP-PAN Lanjutkan Visi Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2024

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini menjelaskan bahwa Airlangga, Zulkifli Hasan dan Suharso sudah menjalin komunikasi secara reguler sebelumnya.

Beberapa waktu terakhir komunikasinya lebih intens sehingga diputuskan dilakukan pertemuan di Sam Ratulangi, Menteng, Jakarta Pusat. Pertemuan tersebut, juga dilakukan dalam suasana lebaran 2024.

Baca Juga

Koalisi Golkar-PAN-PPP, Siapa Capres dan Cawapresnya?

Menurut Eddy, ketiga ketum hadir dalam pertemuan tersebut dengan pikiran terbuka untuk membahas dan merumuskan hal-hal yang sifatnya sangat luas untuk kemudian dikerucutkan oleh tim bersama.

Anak buah Ketum PAN Zulkifli Hasan ini mengatakan masing-masing partai tahu tentang kondisinya, namun ketiga ketum bertemu dengan pikiran terbuka dalam kondisi setara.

"Kita sudah tahu posisi masing-masing, tetapi kita datang dengan pikiran terbuka. Kalau kemarin teman-teman datang dengan prasyarat, saya kira pertemuan kemarin tidak akan terjadi, betul-betul dengan pikiran terbuka," pungkasnya. (Pon)

Baca Juga

Koalisi Golkar, PAN dan PPP, Demokrat: Ada Kemungkinan Bergabung

#Partai Amanat Nasional #Partai Golkar #Partai Persatuan Pembangunan (PPP) #Partai Politik
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan