Sekitar 5,5 Juta Wisatawan Kunjungi Solo Pada Tahun 2019 Wisatawan mancanegara menikmati Solo dengan naik becak, Selasa (14/1). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Dinas Pariwisata (Disparta) Solo mencatat sebanyak 5,5 juta wisatawan kunjungi Solo sepanjang 2019. Jumlah kunjungan ini meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya atau 2018, yaitu 4,8 juta wisatawan.

"Ada kenaikan yang cukup banyak untuk kunjungan wisatawan di Solo pada tahun 2019. Kami awalnya hanya menargetkan 5 juta kunjungan wisatawan di Solo," ujar Kepala Seksi Pengembangan Daya Tarik Wisata Weni Andrianto di Solo, Selasa (14/1).

Baca Juga:

Taman Pelangi Jurug TSTJ Ikon Wisata Baru Kota Solo

Andrianto mengatakan jumlah kunjungan wisatawan jika dihitung dari kunjungan ke daya tarik wisatanya sebanyak 3,2 juta. Sedangkan sisanya kunjungan perhotelan baik bintang maupun non bintang.

Sekitar 5, 5 juta wisatawan kunjungi Solo selama 2019
Pasar Klewer Solo, Jawa Tengah menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, Selasa (14/1). (MP/Ismail)

"Kalau dari total yang datang tersebut untuk jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke daya tarik wisata sebanyak 13.000 dari total 30.000 orang yang berkunjung ke Solo," kata dia.

Peningkatan kunjungan daya tarik wisatawan di Solo, kata dia, dipengaruhi salah satunya adanya daya tarik wisatawan di Solo cukup berkembang. Tempa wisatawan berbasis heritage dan budaya masih jadi daya tarik.

Ia mengatakan adanya daya tarik tempat wisata baru juga memberikan andil pada kenaikan kunjungan wisatawan di Solo. Tempat baru terdebut di antaranya Museum Tumurun dan Lokananta yang saat ini kembali didengungkan kejayaannya.

"Kami mendata lebih dari 1.000 orang yang mengunjungi Lokananta sepanjang 2019. Sekarang lokasi tersebut juga menjadi tempat rekreasi. Cukup mengobati kangen penikmat musik," katanya.

Pasar Gede Solo menjadi daya tarik bagi para wisatawan
Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, Selasa (14/1). (MP/Ismail)

Ia menambahkan dari banyaknya objek wisata d Solo paling banyak dikunjungi adalah wisata alam Taman Balekambang mencapai 2,5 juta orang. Ikon wisata lainnya Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) dikunjungi 500.000 orang.

Baca Juga:

Disbudpar Lirik Baluwarti Jadi Destinasi Wisata Baru Kota Solo

"Ada juga Keraton Surakarta, Mangkunegaran,Pasar Gede, dan Pasar Klewer yang bamyak dikunjungi wisatawan juga," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Bunker Balaikota Solo Bakal Dijadikan Lokasi Wisata Baru



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH