Sekitar 27 Pengurus DPP PDI Perjuangan 2019-2024 Bakal Dilantik Megawati Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato dalam Kongres V PDIP di Bali (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dikabarkan telah menyusun struktur kepengurusan DPP PDIP periode 2019-2024.

Nantinya, pengurus baru DPP akan dilantik oleh Megawati yang juga berposisi sebagai formatur tunggal.

Baca Juga: Megawati Secara Aklamasi Dikukuhkan Sebagai Ketua Umum PDIP 2019-2024

Ketua Sidang Paripurna Kongres V PDIP I Wayan Koster menyebut tidak ada perubahan struktur DPP yang akan dilantik besok.

"Tidak ada perubahan, sama seperti struktur sekarang, terdiri dari 27 personel," ucapnya kepada wartawan di Bali, Jumat (9/8).

Ketua OC Kongres V PDIP I Wayan Koster
Ketua OC Kongres V PDIP I Wayan Koster (Foto: antaranews)

Mereka yang ditunjuk Megawati menjadi pengurus DPP juga akan diambil sumpah jabatannya di hadapan peserta kongres.

Selain agenda pengumuman dan pelantikan DPP, Kongres V PDIP besok juga mengagendakan penyerahan keputusan-keputusan kongres kepada Megawati.

"Besok jadwalnya tinggal lagi satu, paripurna yang akan mengagendakan acara satu, adalah penyerahan keputusan-keputusan Kongres V dan palu pimpinan Kongres V kepada Ketua Umum terpilih, dalam hal ini kepada Ibu Megawati sebagai Ketua Umum terpilih," jelas Koster yang juga Gubernur Bali ini.

Keputusan dari sidang komisi telah disahkan, begitu juga dengan penajaman program-program partai.

"Selain itu juga telah diputuskan mengenai penajaman program-program partai, termasuk dana abadi partai yang akan diatur oleh Ketua Umum bersama DPP partai. Jadi PDIP akan mengembangkan dana abadi untuk partai," kata Koster.

Selain itu, dalam kongres juga diambil keputusan untuk menyempurnakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga partai.

Baca Juga: Periode Kedua Pemerintahannya, Jokowi Siap Buat Kebijakan Tak Populer

Nah, poin-poin penyempurnaan tersebut selanjutnya akan diserahkan kepada pengurus DPP terpilih.

"Kemudian juga kongres memutuskan menyempurnakan AD/ART. Tadi sudah diputus poin-poinnya oleh Kongres untuk disinkronkan oleh DPP terpilih nantinya," jelas Koster.

Kongres V PDIP juga memutuskan sikap politik partai terkait konstelasi politik di Tanah Air.

"Kemudian sikap politik partai diserahkan kepada Ketua Umum dan DPP yang akan menyusun yang akan diumumkan besok pada saat penutupan Kongres V PDIP. Itu tadi sampai paripurna kelima," pungkasnya.(Knu)

Baca Juga: Di Hadapan Ketua Umum Partai Koalisi, Megawati Minta Puan Jadi Ketua DPR



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH