Karakter
Sekilas Terlihat Serupa, Ini Bedanya Percaya Diri dan Sombong Kenali perbedaan sombong dan percaya diri (Sumber: Pexels/Olya Prutskova)

PERCAYA diri dan sombong, sekilas keduanya terlihat serupa. Dengan dua karakteristik yang memiliki pijakan agak mirip, bagaimana kita bisa membedakannya? Pada titik apa kita berubah dari percaya diri menjadi narsisme? Garis perbedaannya memang samar, tetapi ketika kita coba menguraikan kedua tipe kepribadian ini, perbedaan keduanya mulai muncul.

Menurut Eric Ravenscourt pada tahun 2013, percaya diri adalah mengetahui apa yang dikuasai. "Orang yang percaya diri tahu nilai dari dirinya dan bertindak dengan cara yang tepat saat berhadapan dengan orang lain," tuturnya dikutip dari Lifehacker.

Baca juga:

Budaya Populer Membuat Gen Z Ingin Bunuh Diri?

Orang yang percaya diri mungkin terlihat berdiri di antara rasa percaya diri dan keangkuhan. Namun, mereka selalu berhasil menghindari memancarkan aura arogan. Orang yang percaya diri mungkin tidak ragu untuk memuji keterampilan mereka sendiri tetapi mereka masih akan meluangkan waktu untuk mendengarkan orang lain. Mereka juga tidak anti menerima umpan balik atau kritik yang membangun.

pd
Beda orang sombong dan percaya diri. (Sumber: Pexels/The Lazy Artist Gallery)

Selain itu, orang yang percaya diri cenderung menonjolkan kesuksesan orang lain. Mereka tidak takut orang lain mendapatkan pujian. Seperti yang dijelaskan oleh konsultan tempat kerja Emerald Works pada tahun 2019, orang mereka yang percaya diri itu murah hati sedangkan orang sombong tidak.

Sadar atau tidak sadar, orang sombong akan membuat pihak lain merasa kurang penting. Mereka mungkin menggunakan bahasa yang merendahkan, membicarakan orang, atau menunjukkan bahasa tubuh untuk menunjukkan kurangnya minat pada orang lain.

Sebaliknya, orang percaya diri tidak sungkan memuji pencapaian rekan kerja mereka. Mereka pun tidak segan meminta masukan, mendorong kerja tim, dan dengan murah hati memuji rekan kerja mereka.

Baca juga:

Hindari Ketergantungan pada OTC

Mereka yang percaya diri memahami kemampuan dan bakat mereka tetapi tetap berusaha menggunakan atribut tersebut untuk memperbaiki orang-orang di sekitar mereka.

Sebaliknya, orang arogan hanya berusaha untuk mempromosikan diri mereka sendiri. Mereka menunjukkan kurangnya kerendahan hati yang cukup mencolok ketika keterampilan atau otoritas mereka dipertanyakan. Mereka tidak benar-benar punya waktu untuk secara serius mempertimbangkan kritik apa pun yang datang kepada mereka.

pd
Orang percaya diri terbuka pada kritik. (Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio)

Kedua kualitas ini bisa tampak serupa jika dilihat dalam konteks seseorang yang hanya berbicara tentang diri mereka sendiri. Hubungan mereka dengan orang lain yang mengungkapkan warna aslinya.

Bagaimana membiarkan kepercayaan diri bersinar?

Jika kamu memilih kepercayaan diri daripada kesombongan, ada beberapa cara untuk membuatnya lebih jelas bagi orang-orang di sekitarmu. Langkah pertama adalah terima kritik entah itu di tempat kerja, dari teman, pasangan atau siapa pun. Gunakan itu sebagai alat motivasi.

Kita juga bisa merasa nyaman memimpin dengan memberi contoh dan membantu orang lain belajar. Pengetahuan dan keterampilan kamu dapat digunakan untuk kepentingan siapa saja yang mau belajar, dan mengetahui hal itu akan membantu kita tampil sehat dan percaya diri, bukan arogan. (avia)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Curhatan Ma Dong-seok di Film 'Eternals'
ShowBiz
Curhatan Ma Dong-seok di Film 'Eternals'

Ma Dong-seok berperan menjadi Gilgamesh di Eternals.

Makna Persahabatan dalam OST Serial ‘Jadi Ngaji’
ShowBiz
Makna Persahabatan dalam OST Serial ‘Jadi Ngaji’

Ada cocok dibawakan oleh Algyle, serta di harapkan bisa menjadi lagu yang menyuarakan pentingnya persahabatan.

Buat Lilin Aroma Terapi Versi Kamu
Fun
Buat Lilin Aroma Terapi Versi Kamu

Cara membuat lilin aroma terapi cukup sederhana dan mudah.

Ulang Tahun ke-7, Merahputih Media Bagi-Bagi Hadiah
Fun
Ulang Tahun ke-7, Merahputih Media Bagi-Bagi Hadiah

Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-7 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, Merahputih Media mengadakan Giveaway besar-besaran, dengan sejumlah hadiah yang menarik.

Daft Punk Bubar
Fun
Daft Punk Bubar

Kabar menyedihkan ini disampaikan melalui sebuah video.

Penulis Nawal El Saadawi Meninggal Dunia
Hiburan & Gaya Hidup
Penulis Nawal El Saadawi Meninggal Dunia

Nawal El Saadawi menghabiskan beberapa dekade untuk berbagi kisah dan perspektifnya sendiri dalam novel, esai, otobiografinya, dan ceramah yang selalu dipenuhi semangat.

Agensi HYBE Hadirkan Museum Musik untuk Penggemar
Fun
Agensi HYBE Hadirkan Museum Musik untuk Penggemar

Menampilkan beragam visual tentang K-pop.

Konyol, Dua Perempuan Muda Menyamar jadi Nenek agar dapat Vaksin COVID-19
Fun
Begini Cara Menaklukkan Hati Seorang Gemini
Fun
Begini Cara Menaklukkan Hati Seorang Gemini

Gemini itu paling 'menyebalkan' plus hobi bikin pasangannya pusing tujuh keliling.

Cara Cerdas Mencegah Anak Menonton Film Dewasa di Layanan Streaming
Fun
Cara Cerdas Mencegah Anak Menonton Film Dewasa di Layanan Streaming

Kenali langkah-langkah cerdas untuk mencegah anak-anak menonton film yang tidak sesuai dengan usianya.