Sekelompok Warga Nongkrong di Jalanan Dibubarkan Polisi dan Tentara Aparat gabungan TNI dan Polisi menggelar patroli untuk mencegah penularan virus corona (COVID-19) di kawasan Jakarta. (Foto: MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Aparat gabungan TNI dan polisi menggelar patroli untuk mencegah penularan virus corona (COVID-19) di kawasan Jakarta.

Patroli tersebut melibatkan 150 anggota gabungan itu menyusuri setiap sudut ibu kota dan membubarkan sejumlah kerumunan warga di pinggir jalan dan di emperan toko.

Baca Juga:

Pemprov DKI: Kebijakan Kerja di Rumah Pengaruhi Kualitas Udara di Jakarta

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto mengatakan bahwa Jakarta saat ini dalam kondisi darurat COVID-19. Warga yang berkumpul diharapkan agar membubarkan diri dan kembali ke rumah.

"Kita sedang dalam situasi darurat COVID-19, jadi warga seharusnya mengamankan dirinya di rumah," kata Heru dalam keterangannya, Rabu (25/3).

Heru meminta warga masyarakat Jakarta Pusat untuk pulang kembali ke rumah dan tetap menjaga kebersihan.

"Harapannya, semoga tidak ada warga yang berkumpul di jalan," lanjutnya.

Aparat gabungan TNI dan Polisi menggelar patroli untuk mencegah penularan virus corona (COVID-19) di kawasan Jakarta. (Foto: MP/Kanugrahan)
Aparat gabungan TNI dan Polisi menggelar patroli untuk mencegah penularan virus corona (COVID-19) di kawasan Jakarta. (Foto: MP/Kanugrahan)

Dalam patroli tersebut, aparat sempat membubarkan kerumunan warga di Jalan Garuda, Jalan Gunung Sahari 3, dan sejumlah warga yang berkumpul di Jalan Medan Merdeka Timur.

Ketika di sampai di Jalan Medan Merdeka Timur, polisi memberikan arahan kepada para ojek online dan sopir bajaj.

"Silakan mencari nafkah, tapi harus menjaga jarak aman. Jangan lupa memakai masker sehingga tidak tertular virus corona," Dandim 0501/JP BS Kolonel (Inf) Wahyu Yudhayana.

Hal serupa juga dilakukan ketika sampai Jalam Gajah Mada. Saat menemukan kerumunan para ajek online, polisi dan TNI membagikan masker dan memberikan imbauan untuk menjaga kesehatan.

"Pakai masker dan kalau beraktivitas di luar seperti ini, gunakan hand sanitizer ya. Jaga kesehatan dan jangan sampai tertular virus corona", kata Wahyu.

Usai dari Jalan Gajah Mada, patroli kembali dilanjutkan ke Jalan Medan Merdeka Barat menyusuri sejumlah wilayah di kawasan Tahan Abang, kemudian ke Jalan Pejompongan Raya, lalu membubarkan sejumlah kerumunan warga di sekitar Pasar Benhil.

Baca Juga:

Partai Demokrat Desak Ketua DPRD Bahas APBD Perubahan untuk Tangani COVID-19

Patroli dilanjutkan dengan melintasi kawasan Jalan Sudirman dan Thamrin, kemudian masuk ke Jalan Imam Bonjol, kawasan Menteng, Jalan Salemba Raya, Jalan Pramuka Raya, Kawasan Cempaka Putih, Jalan Tahan Tinggi Barat, Jalan Iran Panjang Kemayoran, Jalan Kebon Kosong, dan kembali ke Polres Metro Jakarta Pusat sebagai titik akhir.

Wahyu Yudhayana menambahkan, patroli gabungan ini akan kembali dilakukan jika masih ditemukan kerumunan warga.

"Kami meminta warga untuk patuh terhadap imbauan pemerintah pusat. Penularan COVID-19 akan tetap menyebar jika kita tidak mematuhi anjuran pemerintah. Kita mendukung pemerintah untuk menghentikan penularan virus corona ini dengan mengikuti aturan yang telah ditetapkan," kata Wahyu. (Knu)

Baca Juga:

PAN Sumbang 10.000 APD untuk Tenaga Medis


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH