Sekda Beri Pesan Wali Kota Jakbar dan Jakpus Soal Pencari Suaka Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah. (ANTARA FOTO/Retno Esnir)

MerahPutih.com - Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta, Saefullah mengimbau Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi agar memperhatikan kondisi para pencari suaka di lahan eks Kodim Kalideres selama satu minggu.

Menurut dia, Pemkot Jakbar harus segera berkoordinasi dengan Dinas Sosial DKI untuk mengurus para imigran pencari suaka tersebut. Namun, pihaknya hanya bisa menanggung kebutuhan logistik mereka selama seminggu.

"Wali Kota Jakbar saya minta untuk menyiapkan disana," kata Saefullah di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis (11/7).

BACA JUGA: Pemprov DKI Putar Otak Supaya Trotoar Kebon Sirih Tak Dibikin Semrawut Pencari Suaka

Terkait dana untuk mengakomodir para pengungsi itu, kata dia, pihaknya sudah menyiapkan dana di dalam APBD DKI 2019. "Jadi enggak repot-repot lagi, ada kebakaran, kebanjiran, musibah lain, darurat seperti ini itu bisa dipakai," lanjutnya.

ia juga meminta United Nations High Commissioner for Refugees atau UNHCR sebagai lembaga PBB yang menauingi para pengungsi untuk memenuhi kebutuhan pencari suaka tersebut dikemudian hari. "Selebihnya kita berharap UNHCR meneruskan hal itu sampai persoalan itu tuntas," tuturnya.

Satpol PP membantu para pencari suaka pindah ke eks Kodim Kalideres (MP/Asropih)

Saefullah juga menginstruksikan Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Megantara untuk mensterilkan trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat dari para pencari suaka. Salah satu dengan menempatkan petugas Satpol PP di kawasan tersebut.

"Wali Kota Jakarta Pusat harus menjaga lokasi ini. Agar saat sudah dipindah jangan sampai ada lagi," tutupnya.

BACA JUGA: Pencari Suaka di Trotoar Kebon Sirih Depresi

Pemprov DKI bersama DPRD DKI baru saja menggiring para pencari suaka yang berada di trotoar Kebon Sirih ke lahan eks kodim Kalideres Jakarta Barat.

Nantinya pencari suaka yang berasal dari negara Afghanistan, Pakistan, Somalia, Sudan, dan Palestina itu bakal dibangun tenda-tenda oleh Pemprov DKI untuk tempat tinggal. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH