Sekali Seumur Hidup, Berikut 5 Tips Memilih Wedding Organizer Agar Tidak Kecewa Jadikan momen bahagia ini memorable. (Foto: Unsplash/Jeremy Wong Weddings)

PERNIKAHAN menjadi momen bahagia dan penting bagi kedua pasangan yang ingin memulai hidup baru. Oleh karenanya, momen sekali seumur hidup ini harus dipersiapkan dengan sangat baik oleh kedua belah pihak. Mulai dari makanan, dokumentasi, dekorasi, hingga gedung tempat akad nikah digelar. Jangan sampai memilih wedding organizer (WO) yang abal-abal dan membuat jebol pengeluaranmu.

Baca juga:

Menikah Dengan Biaya Rendah Lebih Bahagia? Ini Hasil Penelitiannya

Untuk mengatasinya, memilih vendor pernikahan juga harus kamu perhatikan. Melihat sekilas dengan mata saja tidak cukup. Daripada kamu bingung, Merahputih sudah merangkum lima tips agar kamu enggak salah pilih wedding organizer.

1. Melihat rekam jejak

Sekali Seumur Hidup, Berikut 5 Tips Memilih Wedding Organizer Agar Tidak Kecewa
Pastikan memiliki rekam jejak yang menjanjikan. (Foto: Analise Benevides)

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah melihat rekam jejak dari WO yang ingin kamu sewa. Pastikan lewat media sosialnya sudah menyelesaikan beberapa projek dengan hasil yang memuaskan.

Kamu juga bisa melihat kredibilitas sebuah WO dari biodata atau highlights media sosial mereka. Atau yang paling mudah, lihat berapa banyak followers dan following yang mereka ikuti. Kemudian, lihat berapa banyak pernikahan yang sudah pernah diorganisir.

Semakin banyak yang sudah diselesaikan, maka semakin berpengalaman pula WO tersebut. Jangan mudah tergiur dengan penawaran paket murah yang diberikan.

2. Ulasan klien

Sekali Seumur Hidup, Berikut 5 Tips Memilih Wedding Organizer Agar Tidak Kecewa
Komentar positif menandakan bahwa WO tersebut kredibel. (Foto: Unsplash/Drew Coffman)

Setelah melihat proyek yang pernah diorganisir, pastikan klien yang menggunakan jasa WO tersebut memberikan ulasan yang baik atas hasil yang diberikan. Komentar positif yang tertera pada kolom komentar dapat meyakinkanmu bahwa WO tersebut memang berkualitas.

Jika banyak komentar negatif, sebaiknya cari WO lain. Jangan sungkan pula untuk berkomunikasi dengan klien yang pernah menggunakan jasa WO nutuk mengetahui cara kerja mereka.

Baca juga:

Deretan Tanggal Cantik Untuk Menikah atau Jadian di Tahun 2020

3. Sesuaikan dengan budget

Sekali Seumur Hidup, Berikut 5 Tips Memilih Wedding Organizer Agar Tidak Kecewa
Fasilitas yang didapat meynesuaikan dengan budgetmu. (Foto: Unsplash/Shardayyy Photography)

Jika sudah yakin, kini giliranmu untuk menyesuaikan dengan budget. Semua calon pengantin pasti menginginkan pesta pernikahan yang indah, momerable, dan pastinya berjalan dengan lancar. Semua itu tergantung budgetmu.

Jika punya budget besar, tidak ada salahnya untuk memilih paket yang lebih mahal mengingat ini momen sekali seumur hidup. Buat pula kontrak dengan WO agar tidak ada tambahan biaya tak terduga.

4. Ajukan pertanyaan terkait pernikahan

Sekali Seumur Hidup, Berikut 5 Tips Memilih Wedding Organizer Agar Tidak Kecewa
Jangan ragu untuk bertanya mengenai pernikahanmu. (Foto: Unsplash/chuttersnap)

Setelah menyesuaikan dengan budget, hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah mengajukan pertanyaan seputar konsep pernikahan. Jangan ragu untuk bertanya mengenai apapun itu.

Bicarakan seputar gedung, lokasi, catering, dokumentasi, dekor, dan persiapan lainnya. Mereka dengan mudah menjawab jika mereka sudah berpengalaman.

Apabila sudah matang, kembali diskusikan dengan pasanganmu apakah setuju atau tidak menggunakan jasa WO tersebut.

5. Cermat memilih souvenir

Sekali Seumur Hidup, Berikut 5 Tips Memilih Wedding Organizer Agar Tidak Kecewa
Berikan souvenir yang sederhana namun berkesan. (Foto: Bridestory)

Terakhir, kamu harus cermat dalam memilih suvenir pernikahan. Ingat, suvenir berfungsi sebagai tanda terima kasih kepada tamu undangan yang telah datang. Jadi, kalau bisa tidak perlu terlalu mahal dan susah didapat. Cukup berikan yang sederhana namun berkesan. (And)

Baca juga:

5 Hal yang Wajib Dipertahankan ketika Sudah Menikah



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH