Sekadar Bingung Berbebeda dengan Quarter-life Crisis

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 17 Desember 2021
Sekadar Bingung Berbebeda dengan Quarter-life Crisis
Banyak orang salah kaprah mengenai quarter life crisis. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)

FASE quarter-life crisis memang umum terjadi ketika seseorang mengalami peralihan dari masa remaja menuju dewasa. Fase ini bisa dialami seseorang yang baru menyelesaikan pendidikan SMA at sedang menuju bangku kuliah. Tetapi ada juga yang baru mengalaminya ketika baru lulus kuliah dan harus memasuki dunia kerja.

Seperti dilansir laman researhgate, ketika baru menyelesaikan pendidikan, kamu akan merasa bingung karena harus memilih 'arah' baru untuk melanjutkan hidup dan berkarier. Tentunya masa dewasa jauh berbeda dengan masa sekolah yang semuanya serba dibimbing oleh guru dan orangtua. Dari kebingungan yang luar biasa ini, kamu berisiko mengalami stres berat.

Baca juga:

Tanda Kamu Sedang Mengalami Quarter-life Crisis

Sayangnya, kamu tidak bisa main hakim sendiri dan mengatakan bahwa kamu mengalami quarter-life crisis. Karena kebingungan dan khawatir untuk melangkah wajar terjadi di masa transisi menuju kehidupan dewasa. Jadi, kamu harus bisa membedakan antara sekadar bingung atau benar-benar terjerat fase quarter-life crisis.

1. Quarter-life crisis biasanya berlangsung lama

Sekadar Bingung Berbebeda dengan Quarter-life Crisis
Quarter-life crisis memakan waktu lama. (Foto: Pixabay/tigerlily713)

Sekadar bingung ketika harus memilih sesuatu tentunya tidak akan berlangsung lama. Tetapi fase quarter-life crisis umumnya berlangsung hingga bertahun-tahun, akibat rasa khawatir yang terlalu besar ketika harus mengambil sebuah keputusan.

Tentunya kekhawatiran yang tidak wajar ini memerlukan bantuan profesional. Kamu boleh kok curhat ke psikolog mengenai kekhawatiranmu menjalani kehidupan dewasa yang penuh liku. Di fase quarter-life crisis, kamu membutuhkan teman curhat yang memang bisa membimbing dan membuatmu berani melangkah ke arah yang lebih baik.

2. Enggan mencoba hal baru

Sekadar Bingung Berbebeda dengan Quarter-life Crisis
Terlalu takut untuk mencoba banyak hal baru. (Foto: Pixabay/Viki_B)

Rasa bingung tak sampai membuatmu enggan mencoba berbagai hal baru. Bahkan rasa bingung terkadang bisa membuat dirimu penasaran terhadap banyak hal sehingga kamu berani mengambil risiko, hanya demi sebuah pengalaman baru.

Sayangnya jika benar-benar mengalami fase quarter-life crisis, dijamin deh untuk keluar rumah pun kamu enggan dan memilih mengurung diri di kamar. Karena keluar rumah dan bertemu dengan banyak orang membuat kekhawatiran yang ada di dalam hatimu berteriak semakin kencang.

Baca juga:

Penyebab Quarter-life Crisis yang Sesungguhnya

3. Menjadi anti sosial

Sekadar Bingung Berbebeda dengan Quarter-life Crisis
Lebih memilih mengurung diri. (Foto: Pixabay/Pexels)

Salah satu penyebab quarter-life crisis adalah ekspektasi tinggi dari orang-orang sekitar. Orangtua berharap kamu segera sukses dan membanggakan keluarga, ditambah teman-temanmu yang kerap bersaing mengenai pencapaian masing-masing. Sehingga kamu pun terpaksa bekerja terlalu keras.

Alhasil kamu pun memilih untuk menjadi sosok yang anti sosial karena berhubungan dengan keluarga maupun teman-teman hanya akan menyakiti hati.

4. Tidak berani mengambil keputusan

Sekadar Bingung Berbebeda dengan Quarter-life Crisis
Terlalu ragu dan khawatir untuk melangkah. (Foto: Pixabay/422694)

Sekadar bingung menentukan masa depan tak sampai membuatmu ketakutan untuk mengambil keputusan. Di sini lah letak perbedaan bingung biasa dengan quarter-life crisis yang sesungguhnya. Ketika benar-benar mengalami quarter-life crisis, kamu bahkan tidak bisa mengambil keputusan kecil seperti menentukan hari ini ingin makan apa. (Mar)

Baca juga:

Cara Menghindari Jerat Quarter Life Crisis

#Kesehatan #Kesehatan Mental
Bagikan
Ditulis Oleh

Maria Theresia

Your limitation -- it's only your imagination.
Bagikan