Sejumlah Wilayah DKI Jakarta Masih Dikotori APK Ilustrasi: Alat peraga kampanye dirusak orang Foto: Andi Arief

Merahputih.com - Wilayah DKI jakarta belum sepenuhnya bersih dari spanduk, pamflet, dan baliho sebagai alat peraga kampanye (APK). Sejumlah APK masih terlihat meski KPU telah menyatakan saat ini masuk masa tenang sebelum pelaksanaan pemilihan umum serentak 17 April mendatang.

Salah satunya adalah di kawasan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pada Minggu (14/4), masih terlihat beberapa APK berupa bendera parpol dan spanduk caleg dengan berbagai ukuran.

Sementara itu, di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, pemandangan bersih dari alat-alat peraga kampanye dapat ditemukan.

Baliho-baliho besar terlihat sudah dikosongkan atau tertutup dengan tawaran pemasangan iklan lain yang menggantikan gambar caleg tertentu.

Beberapa alat peraga kampanye (APK) yang terlihat di kawasan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Minggu (14/4). (ANTARA News/Dea N Zhafira)

Menurut Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Jufri, sebagaimana dikutip Antara, jumlah yang banyak, ukuran besar, dan jangkauan yang tinggi merupakan faktor susahnya penertiban APK ini.

Namun, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta juga telah menargetkan agar proses penertiban APK dapat selesai secepatnya, pada jangka waktu mulai tanggal 14 hingga 16 April 2019.

Sementara itu, semalam, Bawaslu DKI telah menertibkan alat peraga kampanye (APK) peserta Pemilu 2019 sejak pukul 00.00 WIB. Komisioner Bawaslu DKI Puadi menyebutkan penertiban APK ini dilakukan serentak pada enam kabupaten/kota di DKI. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH