Sejumlah Tokoh Penting ISIS Tewas Digempur Serangan Udara

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 13 Agustus 2017
Sejumlah Tokoh Penting ISIS Tewas Digempur Serangan Udara
Tentara Amerika Serikat berpartisipasi dalam latihan helikopter Medevac di provinsi Helmand, Afganistan, Kamis (6/7). ( ANTARA FOTO/REUTERS/Omar Sobhani)

MerahPutih.com - Sejumlah pemimpin penting kelompok bersenjata ISIS di kawasan Asia Tengah tewas akibat serangan udara Amerika Serikat di Afghanistan.

Serangan udara pada Kamis (10/8) itu menewaskan Abdul Rahman yang diketahui militer Amerika Serikat sebagai Amir ISIS Khorasan di Provinsi Kunar.

"Kematian Abdul Rahman adalah pukulan telak selanjutnya bagi kepemimpinan IS," kata Jenderal John Nicholson, komandan utama Amerika Serikat di Afghanistan.

Tiga anggota penting lain ISIS juga tewas akibat serangan udara di kawasan timur Provinsi Kunar tersebut.

Nicholson menetapkan sasaran untuk berhasil menumpas IS di Afghanistan pada tahun ini.

Amir nasional kelompok tersebut, Abu Sayed, diduga juga tewas dalam serangan udara di tempat persembunyian pusat di Kunar pada Juli lalu. Dia adalah emir ISIS-K ketiga yang tewas di Afghanistan sejak Juli 2016.

Pada April, Nicholson menjatuhkan bom seberat 9,7 ton dengan target persembunyian ISIS di Provinsi Nangarhar. Bom tersebut adalah salah satu senjata terbesar yang pernah digunakan Amerika Serikat dalam peperangan.

Pada Sabtu, sejumlah pejabat lokal Afghanistan mengatakan bahwa sedikitnya 16 warga sipil, termasuk di antaranya perempuan dan anak-anak, tewas akibat serangan udara Amerika Serikat di Nangarhar. Namun keterangan itu dibantah oleh Washington yang bersikeras serangan mereka hanya menewaskan anggota kelompok bersenjata. (*)

Sumber: ANTARA

#ISIS
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan