Sejumlah Ruas Jalan di Bali Terapkan Ganjil Genap Selama KTT G20

Mula AkmalMula Akmal - Rabu, 02 November 2022
Sejumlah Ruas Jalan di Bali Terapkan Ganjil Genap Selama KTT G20
G20. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Kepolisian menerapkan ganjil genap di sejumlah ruas jalan selama KTT G20 di Pulau Bali. Adapun penerapan tersebut dilakukan selama tujuh hari dari tanggal 11 hingga 17 November 2022 mendatang.

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto menjelaskan, bahwa penerapan ganjil genap di sejumlah kawasan Bali selama KTT G20 berdasarkan Surat Edaran (SE) nomor SE-DRJD 3, tahun 2022 Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca Juga:

Liga Muslim dan NU Inisiasi Buka Forum Agama G20 di Bali

"Kami akan bantu sosialisasikan, kemudian yang kedua kita akan terapkan di jalur-jalur yang sudah menjadi arahan di surat edaran itu," tutur Kombes Satake Bayu, kepada wartawan, Rabu (2/11).

Sedangkan, penerapan ganjil genap dimulai pukul 06.00 Wita sampai 22.00 Wita dan tentu dilakukan selama 24 jam selama 7 hari.

Selanjutnya, untuk pengaturan lalu lintas ganjil genap selama G20 dilakukan di 10 titik ruas jalan yang berada di wilayah Denpasar dan Kabupaten Badung Bali.

Ruas jalan yang diterapkan ganjil genap antara lain, Simpang Pesanggaran-Simpang Sanur, Simpang Kuta-Simpang Pesanggaran, Simpang Kuta-Tugu Ngurah Rai, Tugu Ngurah Rai-Nusa Dua, Simpang Pesanggaran-Gerbang Benoa Simpang Lapangan Terbang (Denpasar)-Tugu Ngurah Rai, Jimbaran-Uluwatu, Jalan Tol Bali Mandara, Jalan Uluwatu II, dan Jalan Raya Kampus Udayana.

Baca Juga:

Ukraina Minta Undangan KTT G20 untuk Putin Dicabut

Penerapan ganjil genap itu dilakukan untuk menyukseskan kegiatan KTT G20 nantinya beriringan dengan pengamanan di daerah yang berpotensi terhadap kemacetan.

Polri sendiri tengah melakukan beberapa persiapan dalam mengamankan KTT G20 yang bakal digelar di Bali pada 15-16 November 2022. Tiga ribu personel polisi akan mengamankan perhelatan tersebut.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan 3 ribu personel itu sudah termasuk personel dari Polda Bali hingga Polda Jawa Timur (Jatim). Nantinya, 1.500 personel akan terlibat langsung dalam pengamanan seluruh rangkaian G20. Lalu, sisanya disiapkan untuk menghadapi situasi kontingensi. (Knu)

Baca Juga:

Wuling Air EV Jadi Mobil untuk Delegasi di KTT G20, Intip Spesifikasinya

#Ganjil Genap #Bali #KTT G20 #G20
Bagikan
Bagikan