Sejumlah Objek Wisata di Jayapura Mulai Dibuka Sejumlah pengunjung objek wisata danau Sentani di Kabupaten Jayapura.(ANTARA Papua/HO-Humas COVID-19 Pemkab Jayapura)

MerahPutih.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Jayapura, Papua, mengizinkan sejumlah tempat wisata kembali dibuka untuk umum. Pembukaan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat dan pengunjung pun dibatasi, di tengah pandemi cirus corona.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura Joko Sunaryo mengatakan, tempat wisata yang sudah mulai menerima pengunjung di antaranya Pantai Tablanusu, Kampung Wisata Tablasupa, dan Kampung Warna Warni Yoboi.

Baca Juga:

Selama AKB, Masyarakat Diminta Berwisata Secara Aman

"Keputusan membuka tempat wisata ada di pengelola kampung masing-masing. Boleh dibuka tapi yang penting menerapkan protokol kesehatan," kata Joko Sunaryo, di Jayapura, Senin (27/7), dikutip Antara.

Dia menjelaskan meskipun pemerintah sudah mengizinkan atau membuka kembali kegiatan pariwisata di sejumlah tempat, amun para pengelola pariwisata telah diwajibkan untuk membatasi jumlah pengunjung di tempat-tempat pariwisata tersebut.

Suasana di pintu masuk Bandar Udara Sentani (ANTARA News Papua / Hendrina Dian Kandipi)
Suasana di pintu masuk Bandar Udara Sentani (ANTARA News Papua / Hendrina Dian Kandipi)

Pembatasan jumlah pengunjung di tempat wisata yang mulai dibuka itu menjadi prioritas di Kabupaten Jayapura guna menekan penyebaran Virus Corona di wilayah itu.

"Meski sudah mulai dibuka, mereka tidak menerima pengunjung dalam jumlah banyak tapi dibatasi," ujar Joko Sunaryo.

Baca Juga:

Menjajal Uniknya Cita Rasa Mie Ongklok di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng

Ia mengatakan untuk standar penerapan protokol kesehatan yang wajib diterapkan oleh para pengunjung di tempat wisata antara lain penggunaan masker, mencuci tangan, dan mewajibkan semua pengunjung menjaga jarak.

Kota Jayapura saat ini masuk enam besar kasus COVID-19 di Papua bersama Jayawijaya, Mimika, Kab. Jayapura, Biak dan Keerom. Secara keseluruhan, jumlah positif COVID-19 di Papua tercatat 2.817 orang di mana tercatat 1.466 orang dirawat dan 1.319 orang sembuh serta 32 orang meninggal. (*)

Baca Juga:

Mengeksplorasi Wisata Desa Tertinggi di Jawa Bersama Kembali Berwisata


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH