Sejumlah Mata Air di Karawang Mulai Mengering Warga mengambil air dari mata air sumur buatan, di bantaran Sungai Cipamingkis, Cibarusah (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

MerahPutih.Com - Dampak kekeringan panjang yang melanda beberapa wilayah di tanah air begitu terasa di Karawang, Jawa Barat. Sejumlah mata air di wilayah Karawang Selatan atau sekitar Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sudah mengering pada musim kemarau tahun 2017 ini.

"Tidak hanya mata air, air sungai di daerah kami juga sudah mengering. Jadi masyarakat benar-benar kesuiltan air bersih," kata Camat Pangkalan Usep Supriatna di Karawang, Sabtu (23/9).

Usep Supriatna sebagaimana dikutip dari Antara mengatakan pada musim kemarau tahun 2017 ini terdapat delapan desa di sekitar Kecamatan Pangkalan yang kering. Warga di delapan desa itu kesulitan air bersih sejak beberapa pekan terakhir.

Masyarakat Kecamatan Pangkalan kesulitan air bersih karena pada musim kemarau ini, mata air dan sungai-sungai di daerahnya yang biasa mereka gunakan, mengering.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga, pihak kecamatan sudah meminta pendistribusian air bersih ke Pemerintah Kabupaten Karawang.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah sudah beberapa kali mendistribusikan air bersih ke daerah kami," kata dia.

Usep mengatakan kekeringan di daerahnya itu hampir terjadi setiap tahun. Diharapkan ada upaya dari pemkab agar warga di daerah itu tidak terus menerus mengalami kekeringan.

Sementara itu, sesuai dengan data BPBD Karawang, hingga kini kekeringan sudah terjadi di 30 desa sekitar Karawang. Daerah yang dilanda kekeringan pada musim kemarau tahun 2017 ini meluas jika dibandingkan dengan data beberapa hari sebelumnya yang hanya terjadi di 25 desa.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH