Sejumlah Maskapai Penerbangan Dunia Akui Pasang Kamera di Belakang Kursi Penumpang Para penumpang masakapai penerbangan terkejut akan adanya kamera dibelakang kursi penumpang (Foto: pixabay/balaeldaou)

KAMU pasti bakal terkejut, tiga maskapai terbesar dunia mengakui beberapa pesawat mereka dilengkapi kamera yang dipasang di bagian belakang kursi penumpang.

Seperti dilansir laman Independent. Maskapai tersebut ialah American Airlines, United Airlines, dan Singapore Airlines. Maskapai penerbangan itu memiliki sistem hiburan di kursi belakang yang mencakup kamera belakang.

Menurut juru bicara American Airlines, perusahaan itu membuat sistem hiburan dengan kamera mereka untuk menawarkan opsi bagi penumpang, seperti konferensi video kursi ke kursi.

Namun, orang Amerika dan Singapura mengatakan mereka tak pernah mengaktifkan kamera. Mereka bahkan tak punya rencana untuk menggunakannya.

1. Penumpang Memprotes Keberadaan Kamera Tersebut

Adanya kabar terdapat kamera dibelakang kursi pesawat membuat para penumpang protes (Foto: unsplash)

Seorang penumpang di penerbangan Singapura mengunggah foto di akun Twitter-nya. Foto itu menampilkan tampak kursi belakang. Hal itu membuat para penumpang pesawat menyuarakan keprihatinan tentang privasi mereka di ketinggian 30 ribu kaki.

Penumpang yang diketahui bernama Vitaly Kamluk itu memotret kamera dalam penerbangannya. Ia menyarankan agar operator harus menutupi lensa dengan stiker. Serta mengatakan akan lebih mudah bagi maskapai penerbangan untuk memantau penumpang mereka.

"Kamera-kamera itu mungkin tak digunakan saat ini. Namun, jika kabel, operasional, dan mic berfungsi, itu menjadi masalah. Suatu peretasan cerdas untuk memata-matai penumpang," kicaunya.


2. Penjelasan Berbagai Maskapai Tentang Kamera di Kursi Belakang

Terkait viralnya kamera diblakang kursi pesawat, sejumlah maskapai memberikan penjelasan (Foto: pixabay/12019)

Juru bicara American Airlines, Ross Feinstein mengatakan, kamera berada di kursi 'ekonomni premium' dengan 82 pesawat Boeing 777 dan Airbus A330-200.

"Kamera adalah fitur standar pada banyak sistem hiburan dalam penerbangan yang digunakan oleh beberapa maskapai" tuturnya.

British Airways mengatakan kepada The Independent, bahwa mereka tak ada pesawat yang memiliki kamera di kursi belakang.

Sementara juru bicara Singapura Airlines, James Boyd menuturkan, kamera ada di 84 Airbus A350s, Airbus A380s dan Boeing 777s dan 787s.

Lain halnya dengan juru bicara United, yang berulang kali mengatakan pada media, jika tak ada sistem hiburannya yang memiliki kamera.

Para pihak maskapai menekankan jika mereka tak menambahkan kamera. Melainkan pihak produsen memasukannya ke dalam sistem hiburan.

Sistem di Amerika dibuat oleh panasonic, sementara Singapura menggunakan Panasonic dan Thales, menurut perwakilan maskapai. Namun hingga kini, baik Panasonic maupun Thales tak segera menanggapi komentar tersebut. (Ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Tips Ampuh Atasi Rasa Takut Naik Pesawat

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH