Sejumlah Maskapai Internasional Antre Mendarat di Bandara NYIA Menko Perekonomian Darmin Nasution (kedua dari kanan)saat mengunjungi proyek bandara NYIA.(Humas Kemenko Perekonomian)

MerahPutih.Com - Tiga bulan lagi bandara baru di Temon, Kulon Progo, Yogyakarta mulai beroperasi. PT Angkasa Pura I sudah memastikan bandara beroperasi sebagian April 2019. Sejumlah maskapai sudah antre untuk menjajaki bandara bernama New Yogyakarta International Airport (NYIA) ini.

Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian, Wahyu Utomo membocorkan Maskapai yang sudah "PDKT" untuk bisa melenggang di NYIA berasal dari India, Cina, Australia, Jepang dan Timur Tengah.

"Sudah ada banyak maskapai international yang menjajaki untuk bisa mendarat di NYIA,. Yang terbaru dari Cina dan India," kata Wahyu usai memantau ke lokasi pembangunan NYIA di Kulon Progo DIY, Sabtu (19/01).

Sementara itu Menko Perekonomian Darmin Nasution mengataman nantinya NYIA bakal jadi salah satu bandara terbesar di Indonesia. Panjang landasannya mencapai 3.250 m. Runway ini akan mampu melayani pesawat jenis komersil terbesar di dunia sekalipun, seperti Airbus A-380 ataupun Boeing 747 dan 777.

Desain dan masterplan Bandara NYIA
Masterplan bandara baru Yogyakarta di Kulonprogo (Foto jogjainvest.jogjaprov.go.id)

Kapasitas penumpang bandara mencapai 14 juta orang pertahun. Jumlah ini 8x lipat lebih banyak dibanding kapasitas bandara Adi Sucipto Yogyakarta yang sebesar 1,7 juta penumpang pertahun.

"Bahkan lebih besar dari Bandara Soekarno Hatta," kata Darmin.

Diawal beroperasi bandara ini diperuntukkan penerbangan internasional. Namun saat sudah beroperasi penuh, bandara dapat melayani seluruh penerbangan domestik dan internasional.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama menjelaskan diawal beroperasi tercatat ada lima jadwal penerbangan yang mendarat di NYIA. Selain itu, ada tiga penerbangan dari Bandara Adisutjipto yang dialihkan ke Kulon Progo.

"Slot flight penerbangan (internasional) yang dipending di Bandara Adisutjipto ini rute Singapura dan Kuala Lumpur (Malaysia)," kata dia.

Pandu melanjutkan operasional bandara NYIA memiliki kapasitas hingga 300 penerbangan per hari. Adapula 23 stand parkir untuk maskapai di NYIA.

Pemerintah menargetkan NYIA selesai dibangun seluruhnya pada Desember 2019 dan mulai beroperasi penuh mulai Januari 2020.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Ini Figur yang Ditunjuk Edy Rahmayadi Jadi Suksesornya Sebagai Ketua Umum PSSI



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH