Sejumlah Dusun di Sleman Pilih Lockdown Secara Mandiri Dusun di Sleman pilih lockdown untuk cegah penyebaran COVID-19. Foto: MP/Teresa Ika

MerahPutih.com - Beberapa warga Yogyakarta melakukan lockdown secara mandiri dusun tempat tinggalnya. Aturan karantina wilayah ini ditetapkan untuk mencegah menyebarnya virus Corona.

Sejumlah dusun di Kabupaten Sleman DIY yang sudah melakukan lockdown mandiri adalah Dusun Jaban, Dusun Pringwulung, Dusun Gandok, Dusun Sedan dan Dusun Sukunan.

Baca Juga

Ketidaktegasan Pemerintah Soal Kebijakan Lockdown Dikhawatirkan Picu Konflik Horizontal

Panji salah seorang warga Dusun Jaban menjelaskan tindakan lockdown dilakukan mulai Jumat (27/3) siang. Lockdown ini diinisiasi oleh pemuda karang taruna dan didukung oleh seluruh warga.

"Kami menutup hampir semua jalan masuk ke dusun kami. Hanya ada satu jalan saja yang diperbolehkan untuk keluar masuk warga," ujar Panji di Dusun Jaban, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, DIY.

Nana
Dusun di Sleman pilih lockdown. Foto: MP/Teresa Ika

Warga yang hendak keluar atau masuk dalam dusun diminta menunjukkan identitas diri. Masyarakat yang bukan warga dusun Jaban tidak diperkenankan masuk ke dalam dusun. Kecuali memiliki kepentingan atau memiliki anggota keluarga.

"Seluruh tamu atau pemudik wajib lapor ke kepala Dukuh dan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dalam rumah. Keluarga dan warga sekitar turut membantu memantau,"katanya.

s
Dusun Sukunan, Sleman, DIY. Foto: MP/Teresa Ika

Warga Dusun Jaban juga memasang alat disinfektan otomatis di jalan masuk dusun. Alat ini berbentuk seperti gapura mini yang sudah dipasangkan dengan alat penyemprot dan sensor otomatis. Warga atau kendaraan yang melewati sensor akan disemprot cairan disinfektan.

Baca Juga

DPR Nilai Pulau Jawa Perlu Dikunci untuk Cegah COVID-19

Senada Baharudin Kamba, salah seorang warga Dusun Sedan, Kelurahan Sariharjo Kecamatan Ngaglik mengatakan pihaknya melakukan penutupan dusun untuk mencegah warga berkeliaran keluar rumah. Dengan adanya penutupan ini, warga diharapkan bisa menahan diri berpergian keluar rumah.

Warga Dusun Sedan turut melakukan penyemprotan disinfektan rutin secara mandiri. (*)

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH