Sejumlah 16 Brand Indonesia di Tiga Pameran Dagang Terbesar Amerika

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 31 Juli 2019
Sejumlah 16 Brand Indonesia di Tiga Pameran Dagang Terbesar Amerika
Bekaraf membawa 16 brand pameran di Amerika Serikat. (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

BADAN Ekonomi Kreatif (Bekraf), memiliki komitment untuk meningkatkan nilai ekspor produk ekonomi (ekraf) lokal menuju pasar global.

Hal itu diwujudkan lewat Indonesia Creative Incorporated (ICINC), dimana merupakan sebuah program akselerasi yang mempersiapkan perluasan pasar produk dan jasa kreatif ke luar negeri. Untuk produk serta jasa kreatif yang siap dan lulus masuk ICINC ialah best of the best di subsektornya.

Baca Juga: Bermain Sambil Belajar Bahasa Inggris Lewat 5 Game Ini

bekraf
Bekraf membawa 16 brand ke 3 pameran dagang terbesar di Amerika Serikat. (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

Senada dengan tujuan ICINC, bulan Agustus ini Bekraf akan mengikuti 3 pameran dagang terbesar di Amerika Serikat (AS) secara simultan. Pameran dagang yang pertama yaitu produk kriya New York (NY) Now 2019 yang akan berlangsung pada tanggal 10-14 Agustus 2018 di New York, Amerika Serikat.

Selain itu Bekraf juga mengikuti event kedua dan ketiga, yakni pameran produk fesyen internasional Agenda Show dan Liberty Fairs yang rencananya akan digelar pada 12-14 Agustus 2019 di Las Vegas, AS.

Lewat tiga pameran itulah, bekraf akan menghadirkan sejumlah pelaku kreatif lokal serta produk-produk unggulan yang telah masuk ke dalam ICINC dalam subsektor kriya dan fesyen. Hal itu dipaparkan oleh Deputi Pemasaran Bekraf, Joshua Simandjuntak.

“Bekraf kembali mengikuti 2 dari 3 event tersebut usai edisi tahun sebelumnya menunjukan jika bekraf selalu berkomitmen konsistrn mempromosikan produk-produk kreatif Indonesia ke seluruh dunia,” ucap Joshua Dimandjuntak saat ditemui merahputih.com di Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (31/7).

Selain itu Joshua pun menambahkan, ada hal yang harus digarisbawahi yaitu konsistensi upaya bekraf untuk meningkatkan ekspor ekraf nasional. Selain itu dia juga berharap agar dukungan ini bisa menjadikan industri fesyen serta kriya tanah air semakin berkembang pesat, dan mendapat tempat di pasar global.

Baca Juga: Willy Sidewalk Resmi Luncurkan Buku Barista #NoCingCong

bekraf
Menampilkan produk subsektor kriya. (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

Sedikit cerita, NY Now merupakan sebuah pameran dagang internasional, yang secara ekskluaif menampilkan produk dari subsektor kriya. Event tersebut dihadiri lebih dari 25 ribu buyers dan menampilkan lebih dari 2.300 jenama home, lifestyle dan gift dari berbagai negara.

NY Now pun diklaim sebagai the most powerful retail event in north America. Untuk edisi 2019 kali ini sendiri merupakan yang keempat sejak 2016 pertama kali Bekraf berpartisipasi dalam gelaran NY Now.

Pada tahun ini sendiri, dengan mengusung tema ICNC presents IDentitas at NY Now, keikutsertaan bekraf di event ini turut dipengaruhi oleh pencapaian yang sangat fantastis dan menggembirakan. Karena sejak edisi NY Now 2017 yang berhasil membukukan penjualan luar negeri sekitar Rp11,4 miliar.

Untuk pameran yang direncanakan berlangsung di Jacob K. javits Convention Center, New York, As, telah terpilih 8 jenama atau brand yang mewakili dunia kriya nasional di paviliun Indonesia. antara lain yaitu Djalin, Kayou, Sackai Bags, Indorisakti, Du’Anyam, Studio Dapur, Rengganis dan Kana Goods.

bekraf
Mengusung tema Indonesia. (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

Lalu untuk brand yang hadir dalam Agenda Show dan Liberty Fairs yang berlangsung di Sands Expo, Las Vegas ada 8 peserta, yaitu Anna Tribe, KoolaStuffa, Niion dan Reinkarnasi, akan mewakili paviliun Indonesia di Agenda Show.

Sementara itu untuk Pot Meets Pop (PMP), Elhaus, Monstore dan Bluesville sebagai perwakilan di Liberty Fairs. karena Agenda Shoe merupakan pameran khusus untuk produk streeetwear, dan Liberty Fairs merupakan pameran untuk produk pria kontemporer.

Seperti tema tahun sebelumnya ketika berpartisipasi di Agenda Show 2018, paviliun Indonesia di Agenda Show dan Liberty Fairs tahun ini kembali memajang ICINC presents +62Finest at Agenda Show & Liberty Fairs, hal itu sebagai penanda kreativitas tanpa batas yang dimiliki subsektor fesyen Indonesia.

Adapun kembalinya Bekraf untuk kedua kaliny di Event Agenda Show, yakni untuk mengulang keberhasilan sejumlah peserta tahun lalu yang mendapatkan kontrak pembelian serta kerjasama dengan Urban Outfitters, perusahaan ritel multi nasional yang bergerak dibidang lifestyle. (ryn)


Baca Juga: Berangkat dari Ide Menghasilkan Miliaran

#Bekraf
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan