Sejarawan LIPI: Kebangkitan PKI Omong Kosong

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 14 Juni 2017
Sejarawan LIPI: Kebangkitan PKI Omong Kosong
Sejarawan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Asvi Warman Adam. (MP/Ponco Sulaksono)

Sejarawan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Asvi Warman Adam menegaskan bahwa isu kebangkitan PKI yang dilontarkan Mayor Jenderal (Purn) Kivlan Zen hanya omong kosong belaka.

"Jadi saya mengatakan apa yang disampaikan Kivlan omong kosong," ujar Asvi saat diskusi bertajuk "Kebangkitan PKI: Isu atau Realitas?" di Balai Sarwono, Jakarta Selatan, Rabu (14/6).

Kivlan, kata Asvi, menyatakan hingga kini sudah terbentuk PKI dengan struktur yang lengkap dari pusat hingga daerah. Bahkan, menurut Kivlan, PKI sudah memiliki anggota sebanyak 15 juta orang.

"15 juta orang itu jumlah yang sangat besar. Kalau itu benar, PKI sudah masuk 5 besar di percaturan politik Indonesia," ucapnya.

Bahkan, kata Asvi, Kivlan juga menyebut bahwa ketua PKI saat ini adalah Wahyu Setiaji. Menurutnya, Kivlan harus membuktikan semua pernyataannya tersebut.

"Seyogyanya harus dibuktikan. Dibuktikan, apakah betul ada strukur partai itu, anggotanya 15 juta dan kemudian ada ketua partainya," tukasnya.

Asvi menilai, jika semua ucapan Kivlan terbukti kebenarannya, tidak mungkin pihak kepolisian tinggal diam. Aparat keamanan sudah pasti bergerak untuk menyikapi hal tersebut.

"Tidak mungkin ada sebuah partai yang mempunyai ideologi yang dilarang oleh pemerintah sampai saat ini itu berdiri," pungkasnya. (Pon)

Baca juga berita lain terkait komunisme di Indonesia dalam artikel: Amien Sebut Kemunculan Komunis Indonesia Disokong Kekuatan Internasional

#Komunis #Kivlan Zen #Asvi Warman Adam #LIPI
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan