Sejarah Terhoror Semifinal Piala Dunia, Ternyata Libatkan Tim Prancis Pemain Prancis Patrick Battiston sempat koma di lapangan saat laga semifinal Piala Dunia 1982 Meksiko. Foto: Telegraph

MerahPutih.com - Piala Dunia 2018 sudah memasuki babak semifinal. Ada empat tim terbaik yang berhasil memastikan diri melaju ke semifinal, yakni Prancis, Belgia, Kroasia, dan Inggris.

Laga semifinal Piala Dunia selalu melahirkan kisah menarik hingga horor. Kejadian paling horor dalam sejarah piala dunia terjadi di semifinal tahun 1982, yang mempertemukan Prancis dengan Jerman di Stadion Roman Sanchez Pizjuan, Sevilla, 8 Juli 36 tahun lalu.

Saat itu pemain Prancis Patrick Battiston nyaris tewas diterjang kiper Jerman Barat Toni Schumacher. Tragedi ini berawal dari kedudukan kedua tim yang sama kuat 1-1.

Kapten sekaligus bintang timnas Prancis ketika itu, Michel Platini, mengirimkan bola dengan umpan lambung untuk Patrick Battiston.

Pemain Prancis itu berhasil mengontrol bola umpan lambung Platini dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Jerman Schumacher.

Namun, Schumacher pun langsung keluar dari sarangnya. Jika lolos dari hadangan Schumacher, Battiston tinggal menjeploskan bola ke gawang kosong yang ditinggal sang kiper.

benturan 1982

Namun kenyataan berbicara lain. Schumacher langsung berlari menerjang dengan kaki terhunus ke depan. Benturan keduanya pun tak bisa dihindari. Battiston tumbang di tempat setelah terkena pinggul kiper Jerman. Pingsan tak sadarkan diri.

Beruntung, nyawanya terselamatkan oleh tim medis. Dia ditandu keluar lapangan dengan bantuan penjepit leher. Battiston menerima perawatan dengan patah gigi, tulang rusuk, dan tulang belakang. Battiston pun sempat mengalami beberapa koma di rumah sakit. Namun, kembali nyawanya terlelamatkan.

Sebaliknya, Schumacher sama sekali tidak menerima kartu apapun dari wasit atas aksinya. Pertandingan dilanjutkan kembali. Alhasil, Jerman Barat menang atas Prancis melalui tendangan adu penalti dengan skor 5-4, usai bermain imbang 3-3. (*/BolaSkor)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH