Sejarah Panjang MRT di Negara-negara Lain Sejak 1863 MRT Jakarta sebenarnya ketinggalan zaman (Foto: oldtokyo.com)

INDONESIA baru punya MRT sekarang? Bukan maksud menjelekkan, tapi kita ketinggalan zaman banget! Soalnya MRT pertama di dunia sudah ada sejak 156 tahun lalu lo! Sebelum kamu berbangga hati dengan MRT baru di Jakarta ini, kamu bisa melihat beberapa mass rapid transit yang sudah ada sebelumnya seperti yang dilansir dari theguardians.com ini.

1. London punya MRT pertama di dunia

Sejarah Panjang MRT di Dunia Sejak Tahun 1863
London Underground adalah kereta bawah tanah pertama di dunia (foto: ndtv.com)


Kalau ditanya siapa negara yang punya MRT pertama kali jawabannya adalah London. Namanya waktu itu adalah The London Underground atau The Tube dan sudah beroperasi sejak 10 Januari 1863. Kabarnya hari itu ada 30 ribu orang yang mencoba menaikinya lo! Akan tetapi saat itu masih berbentuk kereta uap.

27 tahun kemudian, barulah London membuka jalur kereta listrik yang memiliki jalur sepanjang 402 km dan menghubungkan 270 stasiun. Sampai sekarang jalur ini masih digunakan untuk membawa 1,2 miliar orang setiap tahunnya.

2. New York Subway beroperasi selama 24 jam

Sejarah Panjang MRT di Dunia Sejak Tahun 1863
New York City Subway beroperasi 24 jam (foto: wsj.com)


Setelah London Underground, Amerika punya kereta bawah tanahnya juga. New York City Subway sudah berumur lebih dari 115 tahun. Uniknya lagi, kereta bawah tanah ini menyediakan layanan 24 jam waktu operasionalnya dan punya 468 stasiun.

Makanya New York City Subway adalah satu-satunya kota di dunia yang punya stasiun terbanyak. Sampai saat ini, subway di kota New York ini mengangkut 1,7 miliar penumpang tiap tahunnya.

3. Buenos Aires dengan kereta yang terbuat dari kayu

Sejarah Panjang MRT di Dunia Sejak Tahun 1863
Subte, kereta bawah tanah Buenos Aires berbahan kayu (foto: michaelwalkerphotos.com)


Buenos Aires Metro adalah MRT tertua di Amerika Latin, sudah ini dibuka sejak 1913 dengan kereta yang gerbongnya terbuat dari kayu.

Selama 100 tahun kereta ini masih mengangkut penumpang sampai akhirnya digantikan pada tahun 2013 dengan gerbong yang lebih modern. Sekarang Metro di Buenos Aires dikenal dengan sebutan Subte dan jadi subway terbesar ke-13 di dunia.

4. Tokyo Subway jadi stasiun MRT terbesar di dunia

Sejarah Panjang MRT di Dunia Sejak Tahun 1863
Tokyo Subway pertama di Asia (foto: oldtokyo.com)


Beralih ke benua Asia, Jepang adalah negara pertama di Asia yang memiliki sistem MRT. Tokyo Subway ini dibuka pada 1927 dan jadi salah satu MRT dengan kereta tercepat dan paling tepat waktu di dunia.

Saat ini Tokyo Metro sudah mengangkut lebih dari 8,7 juta penumpang setiap harinya! Pantas ya kita sering melihat banyak orang berdesakan untuk memasuki kereta.

Mereka juga punya guidebook etika di dalam kereta lo. Salah satunya untuk mengatur telepon dalam nada sunyi dan tidak mengobrol di dalam.

5. Desain indah di stasiun kereta bawah tanah Moscow

Sejarah Panjang MRT di Dunia Sejak Tahun 1863
Moscow Metro terkenal dengan desainnya yang indah (foto: rbth.com)


Ibu kota Rusia, Moscow pertama kali membuat MRT pada tahun 1935. Penumpang dan masinis pertamanya adalah Joseph Stalin lo! Selama beberapa hari Stalin mencoba menjalankannya sebelum dibuka untuk umum.

Stasiun kereta Moscow Metro ini terkenal dengan desainnya yang indah. Soalnya visi dari sistem Metro ini untuk menggambarkan istana buat masyarakat.

Makanya dibuat bagus banget. Sekarang Moscow Metro punya 180 stasiun dan membawa lebih dari sembilan juta orang per harinya.

6. Beijing Metro jadi transportasi tersibuk di dunia

Sejarah Panjang MRT di Dunia Sejak Tahun 1863
Beijing Subway jadi yang terpadat di dunia (foto chinadaily.com.cn)


Negara dengan populasi terbanyak di dunia ini pastinya juga punya moda transportasi bawah tanah dong. Nah MRT di ibu kota Beijing terkenal karena kepadatannya.

Sebenarnya, wacana sistem Beijing Metro sudah dibicarakan sejak awal 1950, namun baru ada di tahun 1961. Saat itu, populasi di Cina hanya tiga juta orang saja. Sekarang, kereta bawah tanah Beijing sudah dinaiki 10 juta penumpang tiap harinya!

7. Seoul Subway punya jalur terpanjang di dunia

Sejarah Panjang MRT di Dunia Sejak Tahun 1863
Seoul Subway sudah berumur 45 tahun (foto: korea.net)


Negara yang terkenal dengan K-Pop ini juga punya subway yang disebut-sebut sebagai jalur kereta bawah terpanjang di dunia. Seoul Subway beroperasi dari tiga perusahaan yang berbeda dan membawa tujuh juta penumpang setiap harinya melalui sembilan jalur.

Saat ini, Seoul Subway sudah berumur 45 tahun dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Hebatnya lagi mereka menyediakan Wi-Fi dan servis telepon. Kemudian kursinya punya pengatur suhu yang akan menghangat ketika musim dingin. Keren banget, bukan? (sam)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya