Sejarah Negatif dan Peluang Prancis Menuju Final Piala Dunia 2018 Para Pemain Tim Nasional Prancis. (Foto/goal.com)

PIALA Dunia 2018 sudah sampai ke babak perempat final. Prancis vs Uruguay akan membuka babak ini di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat (06/07). Pada laga ini, tim Ayam Jantan sangat berambisi guna meraih asa mendarat di final turnamen sepak bola nomor wahid di dunia. Begitu pun Uruguay.

Pertandingan ini diprediksi akan berjalan sengit, sebab kedua tim tergolong sama-sama kuat dan banyak memiliki kesamaan torehan. Prancis dan Uruguay lolos dari fase grup dengan status juara grup. Selain itu di babak 16 besar, kedua tim tampil meyakinkan dengan meraih kemenangan hanya dalam waktu normal.

Namun, jika menengok sejarah negatif, sangat susah rasanya untuk Prancis lolos ke babak selanjutnya. Pasalnya, seperti dilansir FIFA.com, tim runner-up eropa belum ada yang sampai ke final pada ajang empat tahunan FIFA ini. tim-tim yang kalah di final EURO belum pernah ada satupun yang mencapai final Piala Dunia berikutnya.

Kutukan pahit ini terakhir dirasakan oleh Jerman, runner-up piala eropa tahun 2010. Jerman pada 2010 harus mengakui kekuatan Spanyol 0-1 di final piala europa. Dua tahun berselang, Jerman merasakan kutukan tersebut, kembali tumbang ditangan lawan yang sama dengan hasil yang sama.

Tim Nasional Jerman tahun 2012. (Foto/harianolahraga.com)
Tim Nasional Jerman tahun 2012. (Foto/harianolahraga.com)

Prancis sendiri adalah runner-up piala eropa 2016. Sebagai tuan rumah mereka sangat difavoritkan sebagai juara, namun sayang di partai puncak, Prancis kalah 0-1 lawan Portugal. Gol tunggal dicetak oleh Eder pada laga perpanjangan waktu.

Saat ini sepertinya Prancis sangat berambisi membawa pulang piala emas ini. Semenjak digelarnya Piala Dunia 2018, Prancis selalu berada di jalan yang benar untuk meraih tiket final. Hanya saja, jika sejarah kembali terulang, berarti Prancis bakal kandas sebelum final.

Jadwal Lengkap Perempat Final Piala Dunia 2018

6 Juli

21:00 WIB - Uruguay vs Prancis

7 Juli

01:00 WIB - Brasil vs Belgia
21:00 WIB - Swedia vs Inggris

8 Juli

01:00 WIB - Rusia vs Kroasia. (*)



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH