SEJARAH HARI INI; Resolusi Menentang Pernikahan Beda Agama Suasana pusat perbelanjaan Tanah Abang pada tahun 1950. (jakarta.go.id)

SEJARAH Hari Ini, 65 tahun silam, sekira lima ribu orang berkumpul di masjid Tanah Abang, Jakarta. Mereka mengeluarkan resolusi menentang perkawinan campur atau beda agama antara R.A Sumarni, dengan seorang lelaki non Islam benama Ursidos Elias Medellu di gereja dipimpin pendeta Supit pada 14 September 1952. Masalah ini pun berlanjut ke pengadilan negeri Jakarta.

Pihak pengadilan akhirnya mengeluarkan surat ketetapan pemberian ijin untuk kedua mempelai tersebut melengkapi lampiran persyaratan sebagaimana tercantum pada Undang Undang Perkawinan pasal 7. Hal tersebut terjadi karena surat penolakan ijin dari Kantor Urusan Agama Kecamatan Petamburan tidak memiliki alasan kuat.

Sebaliknya, pernikahan beda agama tersebut dapat dilakukan di kantor catatan sipil berdasarkan pasal 75 Ordonasi Perkawinan Kristen (HOCI), berlaku untuk Jawa, Madura, Minahasa, Ambon, Saparua, dan Banda.(*) Achmad Sentot



Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH