SEJARAH HARI INI: Rachmawati Soekarnoputri Mendirikan Yayasan Pendidikan Soekarno

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Rabu, 27 September 2017
SEJARAH HARI INI: Rachmawati Soekarnoputri Mendirikan Yayasan Pendidikan Soekarno
Yayasan Pendidikan Soekarno. (ubk.ac.id)

SEJARAH hari ini, 36 tahun silam, Rachmawati, putri ketiga sang proklamator, Sukarno, mendirikan Yayasan Pendidikan Soekarno.

Rachmawati dibantu tokoh-tokoh nasionalis seperti Yano Bolang (Alm), Simon Tiranda (Alm) dan Bagin (Alm), mendirikan institut tersebut untuk mengimplementasikan ajaran-ajaran Trisakti Bung Karno, berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan.

Mulanya, Yayasan Pendidikan Soekarno berlokasi di Jalan Cilandak V/10, Jakarta Selatan, merupakan rumah peninggalan Fatmawati Sukarno. Melalui yayasan ini pula, Rachmawati mendirikan sebuah perguruan tinggi dengan nama Institut Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Bung Karno.

Nama yayasan tersebut kemudian diganti menjadi Universitas Bung Karno – sesuai dengan Keputusan Ketua Umum Yayasan nomor: 279/YPS/VIII/1983.

Selain mendirikan Universitas Bung Karno, Rachmawati Soekarnoputri melalui Yayasan Pendidikan Soekarno juga mendirikan sekolah-sekolah seperti SMA Nasional di Klaten, Semarang, dan Boyolali. Juga mendirikan TK Rachmawati di Boyolali dan TK Sarinah di Jakarta, Cibubur dan Klaten, Indonesia.(*) Achmad Sentot

#Bung Karno #Yayasan Pendidikan Soekarno #Rachmawati Soekarnoputri
Bagikan
Bagikan