Sejak Akhir Maret, Pasien Sembuh COVID-19 di RSD Wisma Atlet 3.630 Orang Arsip-Tim dokter di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta, Sabtu (28/3/2020). (ANTARA/HO/Tim Kesehatan Kogasgabdap Wisma Atlet)

Merahputih.com - Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga 9 Juli 2020 sebanyak 3.630 orang. Jumlah pasien sembuh merupakan akumulasi dari pencatatan sejak 23 Maret 2020.

"Rekapitulasi sejak 23 Maret lalu, pasien terdaftar sebanyak 5.859 pasien, pasien sembuh 3.630 orang," kata Perwira Penerangan Kogabwilhan I Kolonel Marinir Aris Mudian dalam keterangan persnya, Kamis (9/7).

Baca Juga:

New Normal Bikin Kehidupan Masyarakat Dikalahkan untuk Kepentingan Ekonomi

Selama sehari terakhir ini atau pasien sembuh dibandingkan data hari sebelumnya mengalami penambahan sekitar 26 orang.

Rekapitulasi pasien sejak 23 Maret lalu juga mendata sebanyak 151 pasien dirujuk ke rumah sakit lainnya pasien, sedangkan untuk data yang meninggal dunia dicatat tetap tiga orang.

Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, sesuai dengan data pada hari Kamis, merawat sebanyak 924 pasien positif COVID-19.

"Perkembangan jumlah pasien rawat inap di RSD Wisma Atlet total 1.025 orang terdiri atas 596 pria dan 429 perempuan," katanya.

A medical worker at the Wisma Atlet emergency hospital. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Seorang petugas medis di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Perincian jumlah pasien yang dirawat tersebut, yakni sebanyak 924 orang berstatus positif COVID-19 dari hasil pengujian pemeriksaan sampel lendir yang diambil dari hidung maupun tenggorokan atau swab test.

Berikutnya, terdapat 96 pasien reaktif hasil pemeriksaan cepat atau rapid test, sebanyak dua pasien dalam pengawasan (PDP), kemudian kategori orang dalam pemantauan (ODP) terdapat tiga pasien.

Pasien RSD Wisma Atlet yang positif COVID-19 bertambah 83 orang, pasien reaktif tes cepat berkurang satu orang, pasien dalam pengawasan berkurang dua orang sebelumnya, serta tiga orang dalam pemantauan (ODP).

Baca Juga:

Nasib Miris Pewarta Foto di Tengah COVID-19: PHK Hingga Pemotongan Gaji

Sementara itu, sebagaimana dikutip Antara, RS Khusus Infeksi COVID-19 di Pulau Galang merawat sebanyak 73 pasien, 16 pasien berstatus positif COVID-19 dan 17 pasien dalam pengawasan serta orang yang dalam pemantauan terdapat 40 pasien.

Pasien yang terdaftar di rumah sakit itu sejak 12 April 2020 sebanyak 367 orang, terdapat 292 pasien yang sudah pulang, dua orang dirujuk ke rumah sakit lain, dan tidak ada pasien meninggal di RSD Pulau Galang. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH