Teknologi

Seiko Luncurkan Prospex Speedtimer Chronograph

Andrew FrancoisAndrew Francois - Senin, 27 November 2023
Seiko Luncurkan Prospex Speedtimer Chronograph
Seiko luncurkan dua arloji Prospex Speedtimer Chronograph. (Foto: Seiko)

SEIKO terus memperkenalkan rilisan terbarunya dengan memperkenalkan Kronograf Mekanik Seiko Prospex Speedtimer (ref. SQR047) dan edisi terbatas 100th Anniversary (ref. SQR049).

SQR047, dengan pelat jam panda, merupakan rilisan produksi reguler, sementara SQR049, dengan pelat jam biru-abu-abu, akan diproduksi secara terbatas hanya sebanyak 1.000 buah. Bersama-sama, keduanya membentuk sepasang Speedtimer yang elegan dengan sentuhan warisan yang kuat.

Selain perbedaan warna dial, SQR047 dan SQR049 memiliki spesifikasi yang serupa. Kasingnya memiliki diameter 42 mm, ketebalan 14,6 mm, dan dilengkapi dengan tali jam sembilan tautan yang mendapat desain ulang.

Baca juga:

Seiko Luncurkan Prospex SJE093 Edisi Terbatas

Seiko SQR049 hanya terdiri dari 1.000 unit. (Foto: Seiko)

Baik kasing maupun gelangnya memiliki permukaan yang disikat dan dipoles secara bergantian. SQR047 dengan pelat jam produksi standar memiliki dial putih keperakan dengan subdial biru-abu-abu dan takimeter yang serasi.

Warna-warna ini dibalik pada SQR049 yang terbatas. Seiko menyatakan bahwa ini mengacu pada desain Speedtimer wasit. 6138-8020 'Panda' dari tahun 1972, dengan pelat jam biru-abu-abu dan subdial perak-putih. Terdapat jendela tanggal pada pukul 4:30, jarum kronograf berujung oranye, dan logo Seiko dan Prospex bertumpuk pada pukul 12.

Kedua jam tangan ini ditenagai oleh mesin otomatis Seiko kaliber 8R48, sebuah mesin jam internal yang kokoh dengan roda kolom dan kopling vertikal, berdetak pada kecepatan 4 Hz, dan memiliki cadangan daya 45 jam.

Baca juga:

Imutnya, Arloji Seiko Eksklusif Edisi Cinnamoroll

Seiko Prospex Speedmaster Chronograph tersedia mulai Desember. (Foto: Seiko)

Ketersediaan keduanya akan dimulai pada bulan Desember di pengecer tertentu. SQR049 dengan pelat jam biru-abu-abu terbatas hanya akan diproduksi sebanyak 1.000 buah untuk merayakan ulang tahun ke-100 Seiko, sementara SQR047 dengan pelat jam panda tidak memiliki batasan produksi.

SQR047 memiliki harga eceran sekitar USD 2.500, (Rp 38,8 juta) sementara SQR049 dijual seharga USD 2.700 (Rp 41,9 juta). Prospex Speedtimer terbaru ini mengikuti tren rilisan Seiko dengan lebih banyak inspirasi warisan dan harga yang cenderung lebih tinggi.

Meski beberapa lini model Seiko memunculkan pertanyaan, rilis kronograf baru ini tampaknya berhasil dengan mesin jam Seri 8 yang andal, perubahan pada casing dan gelang, serta pelat jam bersih dan seimbang. (waf)

Baca juga:

Grand Seiko Luncurkan Arloji Terinspirasi Katana

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan