Sehatnya Jatuh Cinta Jatuh cinta punya banyak manfaat bagi kesehatan (Foto: pixabay/stocksnap)

JATUH cinta bisa membuat seseorang merasa selalu bahagia dalam menjalani aktivitas. Ternyata, perasaan berbunga-bunga saat jatuh cinta amat baik untuk kesehatan kamu.

Seperti dilansir laman Alodokter, saat jatuh cinta, detak jantung kamu akan meningkat, hingga menyebabkan peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh.

Baca Juga:

Jerawat Cinta itu Benaran Ada enggak Sih?

Hal itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa jatuh cinta dapat menimbulkan dampak positif bagi kesehatanmu.

Jatuh cinta bisa mengurangi stres (Foto: pixabay/free-photos)

Jatuh cinta bisa mengurangi stres. Tak dimungkiri terkadang pekerjaan yang menumpuk dan rasa lelah mengerjakan pekerjaan rumah tangga dapat membuat seseorang mengalami stres. Namun, saat kamu jatuh cinta, stres yang kamu rasakan bisa berkurang.

Hal itu lantaran internasik positif, rasa aman, serta dukungan yang didapat dari kekasihmu bisa memicu tubuh memproduksi hormon oksitosin. Hormon tersebut bermanfaat untuk mengurangi stres yang kamu rasakan.

Manfaat kedua ialah bisa menyembuhkan luka lebih cepat. Menurut penelitian, luka fisik yang dialami oleh seseorang yang telah menikah dalam hubungan yang harmonis bisa dua kali lebih cepat sembuh jika dibandingkan dengan orang yang tak sedang jatuh cinta.

Selain itu, jatuh cinta akan membantu melawan dan mencegah penyakit. Menurut sebuah studi yang meneliti pasien dengan penyakit berat seperti kanker, diketahui sang pasien dapat memiliki kesembuhan lebih tinggi, karena terjalinnya hubungan yang harmonis dengan keluarga dan pasangannya.

Selain itu, jatuh cinta pun bisa menjauhkanmu dari penyakit. Karena, saat menjalin hubungan, kamu dan pasanganmu pasti peduli dengan kesehatan satu sama lain sehingga kamu bisa saling memberi motivasi dan menjaga kesehatan.

Baca Juga:

Apakah Kamu Pernah Jatuh Cinta Dengan Dua Orang Sekaligus?

Jatuh cintah bisa meningkatkan kekebalan tubuh (Foto: pixabay/aliceabc0)

Kekebalan tubuhmu juga bisa meningkat saat kamu jatuh cinta. Jatuh cinta bisa membawa emosi positif. Hal itu dapat dipicu kebiasaan tertawa bersama pasangan. Tertawa diketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan mental.

Emosi positif yang ada di dalam tubuh itu pun bermanfaat untuk menetralkan emosi negatif yang memengaruhi kekebalan tubuh serta kesehatan jantung.

Terakhir, jatuh cinta bisa menurunkan tekanan darah, khususnya untuk pasangan yang telah menikah dan menjalani pernikahan yang bahagia.

Meski jatuh cinta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, bukan berarti kamu harus sembarangan jatuh cinta. Jalinlah hubungan yang baik dan harmonis. Bila mengalami masalah yang mungkin mengganggumu dan pasangan, kamu bisa berkonsultasi ke psikolog atau psikiater. (Ryn)

Baca Juga:

Bunga Mawar Identik dengan Cinta? Ini Alasannya

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH