Makan 'Street Food' di Luar Negeri, Sehatkah? Perhatikan kebersihan saat membeli street food di luar negeri (Foto: Pexels/Clem Onojeghuo)

SETELAH seharian mengelilingi tempat wisata perut kamu pasti terasa lapar. Mau makan di hotel agaknya terlalu lama menunggunya. Tempat makan terdekat ialah menyantap street food yang gampang ditemui di jalanan.

Tapi masalahnya, meskipun enak street food bisa jadi makanan enggak sehat. Namanya juga dijual di jalanan. Pasti mudah terkontaminasi kuman yang beterbangan di jalanan. Ditambah polusi kendaraan yang sangat berpotensi mencemari street food. Tahu sendiri kan, makanan yang tercemar bisa membuat perut kamu sakit.

Oleh karena itu, kamu harus hati-hati saat mencicipi street food. Apalagi jika kamu berada di luar negeri. Suasananya tentu berbeda. Nah supaya kamu enggak sakit perut, ini cara menikmati street food di luar negeri menurut laman Smarter Travel.

1. Waspadai kebersihan air untuk memasak

Air yang digunakan untuk memasak bisa kurang steril dari kuman. (Foto: Pexels/Hitesh Choudhary)

Air minum yang kebersihannya enggak terjamin ialah salah satu penyebab terbesar penyakit saat bepergian di luar negeri. Kebanyakan air minum di luar negeri berasal dari keran yang kebersihannya enggak terjamin. Kecuali yang kemasan.

Memang sih kamu enggak akan memesan minuman di kios street food. Kamu tetap harus tahu air dari mana yang digunakan penjual street food untuk memasak makanan mereka. Apakah air yang steril atau berasal dari keran. Jadi tanya-tanya dulu ya kepada si penjual.

2. Cari yang antreannya ramai

Kalau sudah ramai makanannya pasti terjamin (Foto: Pexels/Picography)

Yang namanya ramai pasti sudah populer. Kalau kamu masih sulit mencari street food yang reccomended, gampang saja kok. Cari saja kedai street food yang ramai antrean. Kalau ramai, sudah pasti tempat itu populer. Makanan-makanan di kios tersebut sudah pasti higienis juga.

3. Gunakan pemandu lokal

Pemandu lokal juga akan memberikan wawasan seputar street food. (Foto: Pexels/Porapak Apichodilok)

Jika kemampuan berbahasa asing kamu lemah, menggunakan pemandu lokal merupakan cara tepat untuk menikmati street food di negara orang lain. Pemandu lokal akan memberikan rekomendasi street food terbaik yang memiliki kualitas dan kebersihan yang terjamin. Selain itu, pemandu lokal juga akan memberikan kamu informasi rahasia kelezatan street food yang kamu cicipi. Hitung-hitung menambah pengetahuan kamu juga bukan? (ikh)

Baca juga: Sulitkah Menemukan Toilet saat Melancong Ke Luar Negeri?

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH