Sehat dengan Susu Segar Sapi Jersey Sapi jersey menghasilkan susu dengan kandungan padatan susu yang lebih tinggi dari sapi Holstein (Foto: Pexels/Will Kirk)

BEDA jenis sapi, maka lain pula kualitas susunya. Sapi jersey dapat menghasilkan susu segar yang memiliki beragam manfaat kesehatan untuk tubuh. Secara fisik, sapi Jersey adalah jenis sapi perah pilihan yang berwarna cokelat. Ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan sapi Holstein.

Sapi Jersey adalah jenis sapi British yang awalnya berasal dari pulau Jersey, yang terletak di kepulauan British Channel, di dekat perbatasan antara Inggris dan Prancis.

Baca juga:

Manfaat dan Efek Samping Mengonsumsi Susu Nabati

Karena ukuran tubuhnya yang lebih kecil, sapi Jersey mengonsumsi pakan yang lebih sedikit dibandingkan dengan sapi Holstein. Meski begitu, sapi Jersey sangat produktif dan menghasilkan susu dengan kandungan padatan susu yang lebih tinggi dari sapi Holstein.

"Sapi Jersey juga memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat sehingga jarang terkena penyakit," jelas Hani Yudayan, Head of Farm 1, PT Greenfields Indonesia dalam keterangan resminya.

Susu segar sumber gizi keluarga (Foto: Pexels/Pixabay)

Menurut Hani, perahan susu sapi jersey kini hadir pada Greenfields Fresh Jersey Milk. Proses pemerahan sapi Jersey juga memiliki cara khusus agar susu yang dihasilkan ialah 100% susu sapi Jersey segar.

"Tangki penampung susu yang kami gunakan pun khusus hanya untuk susu sapi Jersey," tambahnya.

Susu segar memang sumber gizi terbaik bagi keluarga, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Ahli Nutrisi Emilia E Achmadi, MS., RDN, mengatakan susu sapi segar mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, protein untuk membangun otot, vitamin & mineral. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat memperkuat daya tahan tubuh.

"Susu sapi segar juga merupakan salah satu sumber vitamin D yang alami yang aman untuk dikonsumsi setiap hari," papar Emilia.

Baca juga:

Berbagai Khasiat Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Selain itu, menurut Emilia susu juga mengandung lemak. Mungkin banyak orang yang ingin mengurangi kandungan lemak, karena tidak baik untuk tubuh jika berlebihan.

Namun, bukan berarti mengonsumsi susu harus dihentikan karena memiliki kandungan lemak. Kandungan lemak pada susu dibutuhkan tubuh untuk menyerap vitamin. "Terutama vitamin A dan D," jelas Emilia.

Mengonsumsi susu cocok dibarengi dengan makanan manis (Foto: Unsplash/Brian Suman)

Nah, selain menyehatkan, mengonsumsi susu juga bisa kamu barengi dengan makanan gurih maupun manis. Chef Devina Hermawan berbagi saran praktis seputar food pairing dengan susu segar.

Untuk hidangan gurih kata Chef Devina, makanan-makanan dengan tekstur renyah dengan rasa asin akan sangat cocok untuk dinikmati dengan segelas susu segar.

Begitu pula dengan setiap makanan manis. Segelas susu akan menjadi penutup kudapan makanan manis nan nikmat. "Sudah menjadi kombinasi yang klasik dan lezat saat menikmati hidangan manis bersama susu," tutup Chef Devina. (ikh)

Baca juga:

Kefir, Susu Fermentasi yang Bisa Mengencangkan Kulit

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH