Sehat dan Segar, Minuman ini Pas untuk Menyulut Semangat Minumann segar di pagi hari juga bisa membangkitkan semangat.(foto: pixabay/suju)

SAAT memulai hari, banyak orang memilih meminum kopi. Namun sayang, beberapa penelitian justru menyebut waktu terbaik minum kopi bukanlah di pagi hari. Kopi justru paling baik dinikmati saat hormon kortisol dalam tubuh mencapai tingkat tertinggi, dan itu bukanlah di pagi hari.

Nah, sebagai gantinya, kamu bisa meracik minuman segar dan sehat untuk menyulut semangatmu. Apa saja? Yuk, sontek saran dari Hellosehat.

BACA JUGA: Kebiasaan-Kebiasaan Buruk yang Memperlambat Metabolisme Tubuh Kamu


1. Air jeruk atau lemon

water
Air lemon kaya vitamin C. (foto: pixabay/congerdesign)


Masih ngantuk tapi harus berangkat di pagi buta? Segarkan tubuh dan pikiran kamu dengan segelas air lemon atau air jeruk yang kaya akan vitamin. Rasa asamnya akan membuat kamu melek. Kandungan vitamin C di dalamnya juga membantu meningkatkan stamina tubuh sepanjang hari.

Tak hanya itu, antioksidan dan mineral yang terkandung dalam air lemon akan membantu membersihkan racun dari dalam tubuh sehingga kamu enggak gampang sakit.

Tak perlu repot menyiapkannya di pagi hari. Di malam sebelumnya, kamu bisa membuat infused water dengan memasukkan irisan buah lemon ke sebotol air putih. Dinginkan di kulkas semalaman. Pilihan lain, jika kamu ingin minuman hangat, peras air lemon ke dalam secangkir air hangat. Agar rasanya lebih manis, tambahkan madu.

2. Air kelapa

drink
Air kelapa kaya antioksidan. (foto: pixabay/aditiaap)

Buat kamu yang enggak terlalu menyukai rasa asam atau takut sakit perut karena lemon di pagi hari, pilihlah air kelapa.

Air kelapa merupakan salah satu alternatif minuman sehat di pagi hari yang punya banyak manfaat buat tubuh. Minum air kelapa di pagi hari dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah semalaman tidak makan dan minum.

Seperti dilansir laman Healthline, air kelapa kaya antioksidan untuk membuang racun dan menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh. Tidak hanya itu, air kelapa juga menjaga detak jantung tetap teratur dan melancarkan metabolisme tubuh.

Rutin minum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, serta menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida (lemak jahat dalam tubuh). Semua manfaat itu akan lebih baik lagi jika kamu minum air kelapa segar, bukan yang kemasan. Kamu bisa membeli stok air kelapa segar dan kemudian simpan di kulkas.

BACA JUGA: Jangan Sering Berikan Nugget pada Anak


3. Jus atau smoothies

smoothie
Smoothie segar dan mengenyangkan. (foto: pixabay/sujatadin)


Segelas jus di pagi hari? Ide yang baik! Minuman satu ini tidak hanya membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang, tapi juga memberikan asupan beragam vitamin dan mineral yang kamu butuhkan sepanjang hari.

Serat yang tinggi pada jus membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Itu membantu mengurangi keinginan makan banyak.

Hebatnya lagi, jus merupakan minuman sehat yang fleksibel. kamu bisa membuat jus kombinasi beberapa buah, atau kombinasi jus sayuran yang dipadukan dengan buah favorit.

Jika ingin versi yang lebih mengenyangkan, kreasikan jus buat atau sayur favorit sebagai smoothies dengan menambahkan pengental, seperti yogurt, susu, bubuk oatmeeal, atau protein powder. Agar tetap sehat, jangan tambahkan gula pasir. Kamu bisa menambahkan madu sebagai pemanis.

4. Teh jahe

ginger
Teh jahe hangat penuh manfaat. (foto: pixabay/congerdesign)


Minuman hangat di pagi hari enggak melulu teh dan kopi. Teh jahe bisa jadi alternatif segar dan sehat. Teh jahe memberikan segudang manfaat buatmu sepanjang hari. Sejak dulu kala, jahe dikenal sebagai rempah yang membantu meredakan mual serta menyembuhkan nyeri dan sakit otot. Jahe juga dikenal mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu tubuh mengatur respons insulin dengan lebih baik.

Cara membuat teh jahe juga mudah. Rebus air selama 5 menit lalu masukkan beberapa sendok parutan jahe segar. Saring air jahe tersebut, kemudian masukkan teh celup. Sajikan selagi hangat.(*)

BACA JUGA:

Manfaat Saat Sering Mengonsumsi Telur Puyuh



Dwi Astarini