Sehat dan Ramah Diet, Makanan ini Bisa Menenangkan Beberapa jenis makanan memberi efek menenangkan. (foto: pixabay/congerdesign)

MAKANAN tidak hanya memberi energi, tapi juga bisa menjadi penenang di kala merasa tertekan. Beberapa jenis makanan memang memiliki efek menenangkan bagi tubuh. Meskipun demikian, bukan berarti kamu melupakan diet dan mngasup makanan yang tidak sehat. Berikut enam makanan yang punya efek menenangkan, tapi tetap sehat dan ramah diet.

BACA JUGA: Melewatkan Sarapan bikin Rentan Sakit

1. Buah beri

stroberi
Vitamin C baik untuk menghalau stres. (foto: pixabay/ritaE)

Segala jenis buah beri tak hanya kaya akan antioksidan, tapi juga vitamin C yang dipercaya dapat membantu memerangi stres. Penelitian di Jerman meminta 120 orang untuk memberikan pidato dan dilanjutkan dengan tes matematika. Hasilnya, orang yang mengonsumsi buah beri punya tekanan darah yang lebih rendah walau setelah stres.

2. Kacang Mete

cashew
Zinc meningkatkan mood. (foto: pixabay/readyelement)

Selain rasanya lezat, kacang mete juga merupakan sumber zinc yang baik. Tingkat zinc yang rendah dipercaya punya kaitan dengan kecemasan dan depresi. Jadi sangat baik mengonsumsi kacang mete saat sedang tidak mood.

BACA JUGA: 4 Makanan Ini Berbahaya untuk Kesehatan Bayi di Bawah Usia Satu Tahun

3. Teh Chamomile

tea
Teh chamomile membuat kamu rileks. (foto: pixabay/rawpixel)

Sebuah studi dari University of Pennsylvania menguji suplemen chamomile pada 57 partisipan dengan gangguan kecemasan selama delapan minggu. Hasilnya menunjukkan penurunan gejala kecemasan yang signifikan. Selain itu, teh chamomile juga baik dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga kamu lebih mudah tidur.

4. Dark chocolate

cokelat
Cokelat membuatmu merasa lebih tenang. (foto: pixabay/congerdesign)

Dark chocolate disebut sebagai obat antistres baru karena efektivitasnya menurunkan tingkat stres. Cokelat mengandung anandamine, sebuah zat yang bisa merangsang otak untuk memproduksi endorfin yang menghambat rasa sakit dan depresi untuk sementara waktu. Sebuah studi di Journal of Psychopharmacology juga mengungkapkan bahwa orang yang meminum 1,5 ons cokelat setiap hari akan merasa lebih tenang daripada mereka yang tidak. Namun, pastikan kamu memilih dark chocolate yang punya kandungan kokoa lebih dari 70%.

5. Yogurt

yogurt
Probiotik menurunkan tingkat stres. (foto: pixabay/bumiputra)

Yogurt kaya akan probiotik, bakteri baik yang hidup di dalam usus. Penelitian kecil telah menunjukkan bahwa konsumsi probiotik secara teratur dapat membantu mengurangi tingkat stres pada manusia.

6. Salmon

salmon
Omega-3 berdampak positif pada kesehatan mental. (foto: pixabay/congerdesign)

Jenis ikan yang berlemak seperti salmon punya khasiat menurunkan stres. Hal itu disebabkan asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya punya sifat antiinflamasi dan dianggap memiliki dampak positif pada kesehatan mental, termasuk stres.(*)

BACA JUGA: Lawan Stres dengan Niksen



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH