Sehat dan Pulihkan Tenaga, 5 Menu Berbuka Ini Bisa Kamu Masak Sendiri Konsumsi sup dapat menghangatkan perut kamu setelah puasa seharian. (Foto: Pixabay/Pexels)

PUASA banyak menguras tenaga. Nah, kamu harus memilih makanan-minuman yang sehat dan dapat memulihkan tenaga saat berbuka. Ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih, praktis, dan bisa kamu olah sendiri di rumah.

Dengan membuat menu berbuka puasa yang sehat bagi tubuh, besok ketika menjalani aktivitas, tubuhmu akan merasa sehat dan fit. Dikutip iStyle, berikut ini 5 menu berbuka puasa yang sehat yang bisa kamu coba.


1. Sup

Sup makanan sehat dibanding dengan makanan digoreng. (Foto: Pixabay/Couleur)
Sup makanan sehat dibanding dengan makanan digoreng. (Foto: Pixabay/Couleur)

Sup adalah makanan yang lebih sehat dibandingkan dengan makanan yang digoreng. Makanan ini dapat menghangatkan perut kamu setelah puasa seharian. Apalagi kalau sup yang kamu santap dimasak dengan daging ayam dan aneka sayuran hijau. Sudah dipastikan, sup akan menjadi menu menyehatkan untuk tubuh ketika berbuka puasa.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: 7 Hal tentang Souq Waqif, Pasar Tradisional Favorit Pelancong di Qatar


2. Nasi merah

Nasi merah sumber karbohidrat sangat baik bagi tubuh. (Foto: Pixabay/dolvita108))
Nasi merah sumber kohidrat sangat baik bagi tubuh. (Foto: Pixabay/dolvita108))

Nasi merah sangat cocok untuk berbuka puasa. Nasi merah termasuk sumber kabrohidrat yang sangat baik bagi tubuh. Karena kandungan kalorinya lebih besar ketimbang nasi putih. Nasi merah juga sangat sering dikonsumsi sebagai makanan diet untuk menurunkan berat badan.


3. Ayam rebus

Ayam rebus lebih menyehatkan ketimbang ayam goreng. (Foto: Pixabay/cegoh)
Ayam rebus lebih menyehatkan ketimbang ayam goreng. (Foto: Pixabay/cegoh)

Ayam adalah sumber protein hewani untuk meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Ayam yang direbus lebih menyehatkan ketimbang ayam yang digoreng. Hal itu karena makanan yang direbus tidak akan menyimpan banyak minyak. Selain itu, makanan rebus sangat cocok untuk makanan berbuka puasa yang sehat. Kamu bisa menyantap ayam rebus dengan sayuran agar nutrisi yang kamu dapatkan semakin lengkap.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Jangan Lewatkan Makan Sahur, ini Bahayanya bagi Tubuh


4. Tumis sayuran

Tumis sayuran makanan paling menyehatkan untuk tubuh. (Foto: Pixabay/ahncamera)
Tumis sayuran makanan paling menyehatkan untuk tubuh. (Foto: Pixabay/ahncamera)

Kamu bisa menumis sayur favorit kamu untuk dijadikan makanan berbuka puasa yang sehat. Sayuran adalah makanan paling menyehatkan untuk tubuh. Kalau kamu penyuka makanan sayur, kamu bisa menjadikan tumis sayuran sebagai menu berbuka puasa. Namun, jangan lupa untuk mengiringi santapanmu dengan ayam, ikan, daging, atau telur.


5. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang praktis dan menyehatkan. (Foto: Pixabay/cgdsro)
Oatmeal adalah makanan yang praktis dan menyehatkan. (Foto: Pixabay/cgdsro)

Oatmeal adalah makanan yang praktis dan menyehatkan. Apalagi kalau disajikan sebagai menu buka puasa. Oatmeal adalah makanan kaya serat yang memberikanmu rasa kenyang lebih lama. Sehingga oatmeal juga sangat cocok bagi kamu yang sedang melakukan program diet, sekalipun berpuasa. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Berburu Takjil di Palembang, Kuliner Paling Hits Ini Wajib Kamu Cari

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH