Sehari Jelang Pembukaan, PON XX Papua Perebutkan 24 Mendali Emas

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 01 Oktober 2021
Sehari Jelang Pembukaan, PON XX Papua Perebutkan 24 Mendali Emas
Foto udara Stadion Lukas Enembe jelang pembukaan PON Papua di Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj. (ANTA

MerahPutih.com - Jelang pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, pada 2 Oktober 2020, dari enam cabang olahraga akan memperebutkan 24 medali emas atau dalam satu hari menjelang upacara pembukaan, Jumat (1/10).

Dari enam cabang olahraga, wushu akan menggelar pertandingan final pada enam nomor yang bergulir di GOR Futsal Dispora, Kabupaten Merauke, Jumat. Masing-masing taolo: gunshu putra dan putri, taolo: qiangshu putra dan putri, serta taolo: nangun putra dan putri.

Baca Juga:

Demi Pastikan Tak Ada Pelanggaran Prokes, Kapolri Datangi Sejumlah Venue di PON XX Papua

Kemudian di klaster Kota Jayapura, dayung, sepatu roda, dan taekwondo juga akan menggelar lomba dan pertandingan perebutan medali emas.

Taekwondo akan mempertandingkan lima kelas mulai dari babak penyisihan hingga final di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Kota Jayapura.

Masing-masing kelas kyorugi -87Kg utra, kyorugi -58Kg putra, kyorugi -63Kg putra, kyorugi -73Kg putri, dan kyorugi -63Kg putri.

Sementara dayung tiga nomor yaitu, MK1 200 M, WK1 200 M, dan WC1 200 M. Semuanya berlangsung di Teluk Youtefa, Kota Jayapura.

Perlombaan perebutan emas juga akan terjadi pada cabang olahraga sepatu roda di Bumi Perkemahan dan Jembatan Merah, Kota Jayapura, untuk nomor marathon 42.000M putra dan putri.

Untuk klaster Kabupaten Jayapura, senam artistik yang berlokasi di Istora Lukas Enembe, akan melombakan empat nomor perebutan medali yakni beregu putra dan putri, serta perorangan serba bisa putra dan putri.

Selanjutnya untuk di klaster Kabupaten Mimika, cabang olahraga panjat tebing di Arena Panjat Tebing SP 2 Mimika, akan melombakan empat nomor perebutan medali yakni speed world record putra dan putri serta lead team putri dan boulder team putra.

Masih di klaster yang sama, cabang olahraga judo juga akan mempertandingkan partai final pada kategori -100kg putra, +100kg putra, 78kg putri, dan +78kg putri.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Mahfud MD bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meninjau langsung kesiapan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua.

Kompleks Olahraga Kampung Harapan jelang pembukaan PON Papua di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)
kompleks Olahraga Kampung Harapan jelang pembukaan PON Papua di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)

Pengecekan tersebut untuk memastikan kesiapan pembukaan PON XX yang direncanakan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (2/9). Dalam keterangannya, eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut mengatakan kesiapan panitia untuk acara pembukaan PON di Bumi Cenderawasih sudah siap 100 persen.

Menurut Mahfud, sisi keamanan kegiatan pembukaan PON Papua sudah disiapkan dengan baik. Kemudian, masyarakat dan undangan yang akan menghadiri kegiatan pembukaan akan diperiksa secara ketat oleh petugas keamanan.

"Mulai pemeriksaan identitas hingga mengecek barang bawaan seperti tas dan lainnya," katanya. (*)

Baca Juga:

Kapolri Minta Percepat Vaksinasi di Papua untuk Kelancaran PON XX

#PON Papua #Pekan Olahraga Nasional #Papua
Bagikan
Bagikan