Segudang Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Hazelnut Hazelnut (Sumber: Pixabay/sunnysun0804)

BUKAN rahasia lagi kalau hazelnut memiliki banyak manfaat kesehatan. Kacang yang berasal dari pohon corylus ini kaya akan protein, lemak, vitamin dan mineral. Kelebihan lainnya, hazelnut punya rasa yang manis dan dapat dimakan dalam bentuk mentah ataupun dijadikan sebagai tambahan untuk banyak hidangan.

Dalam 100 gram, hazelnul mengandung energi 567 kkal, 13,33 gram protein, 40 gram lemak, 40 gram karbohidrat, 6,7 g serat, 3,33 gram gula, 200 mg kalsium dan 3,60 mg besi. Selain itu Hazelnut juga mengandung vitamin E, fosfor, kalium, seng, folat, magnesium, lemak sehat, tembaga dan vitamin B6.

Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini manfaat yang akan kamu dapatkan saat mengonsumsi hazelnut.

1. Mengurangi risiko obesitas

Obesitas bisa ditangani dengan hazelnut (Sumber: Pixabay/jarmoluk)
Obesitas bisa ditangani dengan hazelnut (Sumber: Pixabay/jarmoluk)

Hazelnut meningkatkan metabolisme saat dikonsumsi dan ini membantu menurunkan berat badan. Peningkatan metabolisme berarti peningkatan laju pembakaran kalori dan diubah menjadi energi. Selain itu, hazelnut kaya akan protein, lemak, dan serat yang memberikan rasa kenyang. Ini mencegah ngemil tanpa berpikir dan membuat kamu kenyang lebih lama.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Mampu meningkatkan kesehatan jantung (Sumber: Pixabay/geralt)
Mampu meningkatkan kesehatan jantung (Sumber: Pixabay/geralt)

Hazelnut adalah sumber antioksidan dan asam lemak omega 9 yang sangat baik. Kandungan tersebut berkontribusi pada peningkatan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Ini membantu mencegah penumpukan plak di arteri, sehingga menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung lainnya.

3. Mencegah kanker

Hazelnut mencegah kanker (Sumber: Pixabay/PDPics)
Hazelnut mencegah kanker (Sumber: Pixabay/PDPics)

Hazelnut dikemas penuh dengan antioksidan kuat yang disebut proanthocyanidins, berfungsi mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh penyebab kanker. Hazelnut juga merupakan sumber vitamin E. Agar mendapat keuntungan antioksidan dari hazelnut, yang terbaik adalah mengkonsumsinya dengan kulitnya.

4. Menyembuhkan diabetes

Mmpu menyembuhkan diabetes (Sumber: Pixabay/Tumisu)
Mmpu menyembuhkan diabetes (Sumber: Pixabay/Tumisu)

Menurut sebuah penelitian, hazelnut dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Dalam penelitian itu juga mengungkapkan kalau asam oleat, sejenis asam lemak dalam hazelnut, dikatakan memiliki efek menguntungkan pada sensitivitas insulin.

5. Meningkatkan kesehatan otak

Bis ameningkatkan kesehatan otak (Sumber: Pixabay/sbtlneet)
Bisa meningkatkan kesehatan otak (Sumber: Pixabay/sbtlneet)

Hazelnut dianggap sebagai makanan super peningkat kerja otak. Hal itu karena makanan ini kaya akan vitamin E, mangan, tembaga, juga folat. Vitamin E dan magnesium yang memainkan peran utama dalam fungsi kognitif serta mengurangi risiko penyakit terkait usia seperti Alzheimer, Parkinson, dan demensia.

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH